Teknik

Dua Belas Tahun PSMT dalam “Harmony in Humanity”

Dua Belas Tahun PSMT dalam “Harmony in Humanity”

Minggu (12/04/15) lalu salah satu biro fakultas kebanggaan kita menggelar acara charity di sebuah panti asuhan di Kota Semarang. Dengan tema “Harmony in Humanity”, Paduan Suara Mahasiswa Teknik (PSMT) merayakan hari jadinya yang ke-12 tahun yang jatuh pada tanggal 20 Maret lalu itu dengan kegiatan charity. Diadakan di Panti Asuhan Pahlawan Gatot Soebroto acara yang berlangsung dari pukul 12.30 hingga 16.30 itu berjalan sangat hangat.

“Pemilihan tema acara ini dimaksudkan agar kita dapat berbagi kebahagiaan dalam harmoni untuk kemanusiaan, sehingga teman-teman PSMT juga dapat merasakan kebersamaan sekaligus memotivasi adik-adik di panti agar terus bermimpi walau dalam keterbatasan”, ujarketua panitia kegiatan PSMT on Charity, Aulia Sekar Puspateja (Teknik Mesin 2014).

Ia juga menambahkan bahwa kegiatan charity sendiri baru diadakan tahun ini setelah sebelum-sebelumnya peringatan anniversary PSMT dilakukan dengan kegiatan lain, harapannya dengan acara ini dapat lebih bermanfaat baik untuk teman-teman PSMT sendiri maupun adik-adik di panti asuhan. Disamping itu, acara ini juga merupakan bentuk kepedulian PSMT terhadap sesama.

Acara yang diawali dengan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Mohd Abi Rafdi (Teknik Planologi 2011) yang juga merupakan koordinator litbang PSMT tahun lalu itu berisi motivasi kepada adik-adik di panti agar tidak merendahkan diri dan bisa melihat dunia luar dengan optimis. “Jika kita bisa menghalau pikiran negatif dalam diri kita, maka kita akan bisa berubah menjadi lebih baik”, ujarnya.

Panti Asuhan yang beralamat di Jalan Sultan Agung 145 Semarang ini mengasuh 25 anak yatim ataupun yatim piatu dari purnawirawan TNI, baik AU, AD, AL, dan juga Polri serta PNS yang terdiri dari sembilan putra dan 16 putri dari jenjang SMP hingga SMA/SMK dibawah naungan Kodam Diponegoro dan Yayasan Rumpun Diponegoro. Menurut Bapak Miskun selaku Pembina Panti Asuhan, dirinya sangat mendukung diadakan acara seperti ini karena bisa memotivasi dan memberi semangat anak-anak untuk bisa melanjutkan pendidikan yang lebih baik kedepannya. “Saya sangat mengharapkan agar nantinya bisa diadakan kerjasama paling tidak untuk memberikan pengajaran dalam bimbingan belajar anak-anak secara berkala bila ada waktu luang”, ungkapnya dengan ramah.

Selanjutnya penyerahan donasi secara simbolik kepada Bapak Miskun dan perwakilan anak panti, Syahid (15). Donasi yang diberikan baik berupa uang, buku, tas, pakaian, dihimpun dari para anggota dan alumni PSMT. Acara yang merupakan program kerja dari Divisi Keanggotaan ini juga terbuka untuk penyaluran donasi dari seluruh mahasiswa di Fakultas Teknik, namun meski terbuka untuk umum, partisipasi dari teman-teman di Fakultas Teknik masih kurang sehingga untuk kedepannya perlu dilakukan sosialisasi yang lebih gencar lagi.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi sharing pengalaman selama masa perkuliahan oleh Zulfikar (Teknik Lingkungan 2010) yang memotivasi adik-adik di panti untuk bekerja keras, cerdas, dan ikhlas.“Jika kita ingin sukses, harus berani bermimpi, take action, kerja keras, ikhlas, jujur, dan jangan lupa untuk selalu meminta doa orangtua”, ungkapnya. Pemaparan yang cukup menginspirasi adik-adik di panti yang hadir, salah satunyaWahyu (17) yang bertekad untuk merubah diri menjadi lebih baik agar dapat berguna bagi lingkungan sekitarnya dan juga negara ini. “Saya ingin menjadi lebih baik lagi dan selalu berusaha untuk mencapai cita-cita saya”, ujar siswa kelas XI SMK 7 Semarang yang memiliki cita-cita untuk melanjutkan kuliah sambil bekerja di Pertamina atau perusahaan pertambangan itu.

Ditemui di akhir acara, Indra Hukama Ardinata (Teknik Lingkungan 2012) selaku Ketua PSMT 2015 mengungkapkan harapannya semoga dengan diadakannya perayaan anniversary berbalut charity ini dapat menambah kecintaan para anggota terhadap PSMT, utamanya para anggota baru angkatan 2014 yang berjumlah 74 orang, dan juga bermanfaat untuk anak-anak di panti asuhan agar dapat lebih bersemangat lagi dalam menggapai cita-cita. Untuk PSMT sendiri, “Semoga dapat membuka jalan untuk go international dan kegiatan tahun ini seperti lomba, konser, studi banding ke PSM ITB serta project rekaman mars teknik dapat berjalan lancar sesuai rencana dan memenuhi ekspektasi para anggota PSMT,” ungkapnya. Terakhir, sekali lagi selamat bertambah usia Paduan Suara Mahasiswa kebanggaan teknik, semoga semakin berjaya dan dapat selalu mengharumkan fakultas kita tercinta. (Luthfia Syahnaz)

 

Website : psmt.undip.ac.id

Twitter : @PSMT_Undip

ig: psmtundip

fb: Psmt Undip

youtube: PSMTUndip

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

adminSeptember 16, 2020

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

adminAugust 17, 2020

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018