Teknik

Pelatihan Khutbah: Persiapan Mahasiswa Teknik Menjadi Khotib Berkualitas

Pelatihan Khutbah: Persiapan Mahasiswa Teknik Menjadi Khotib Berkualitas

Pada Rabu (20/5/2015) – Kamis (21/5/2015) di Masjid Baitul Ilmi Fakultas Teknik Undip, Divisi Kemakmuran Masjid (DKM) Izzati mengadakan Pelatihan Khutbah untuk mahasiswa. Kegiatannya sendiri mendatangkan pemateri Ust. Endang Sutedi, Lc yang dilaksanakan mulai pukul 15.30 WIB hingga menjelang maghrib.

Pelatihan Khutbah ini membuka kesempatan bagi mahasiswa Fakultas Teknik untuk mempelajari bagaimana penyampaian khutbah Jum’at yang sesuai dengan tuntunan nabi Muhammad SAW. Dengan pemateri yang terpercaya seperti Ust. Endang, para peserta yang merupakan mahasiswa dilatih untuk siap menjadi khotib. Teknik dan contoh penyampaian khutbah yang baik didapatkan para peserta pada kegiatan dua hari tersebut.

“Kalau satu hari tidak cukup,” ujar Muhamad Amar Jadid selaku kepala departemen DKM Izzati mengenai pelaksanaan selama dua hari.

Kebutuhan peserta agar lebih terlatih tidak hanya dari materi. Praktek khutbah juga dilakukan oleh para peserta. Pada hari kedua para peserta dipersilahkan untuk praktek menampilkan khutbah sesuai teks khutbah yang sudah mereka persiapkan yang dinilai langsung oleh pemateri.

Karena itu pelaksanaan Pelatihan Khutbah butuh dua hari. Menurut Amar, rencana awal Pelatihan Khutbah justru akan dilaksanakan selama lima hari. Namun ketika ditinjau ulang untuk pelaksanaan selama lima hari itu lebih susah.

“Setelah didiskusikan dengan ustadz-nya (pelaksanaan selama lima hari) juga kurang efektif dan khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” jelas mahasiswa S1 Teknik Perkapalan angkatan 2012 itu.

Selain mendapatkan materi tentang cara penyampaian khutbah dan kesempatan untuk praktek, peserta juga mendapatkan modul dan snack setelah membayar biaya registrasi. Peserta mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap hanya dengan membayar biaya registrasi sepuluh Rp 10.000.

 

(Taqiyuddin Ja’far)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

adminSeptember 16, 2020

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

adminAugust 17, 2020

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018