Olahraga

Teka-Teki POR Teknik 2015

Teka-Teki POR Teknik 2015

POR Teknik merupakan event besar tahunan yang digagas oleh BEM FT dan diperuntukan bagi seluruh masyarakat teknik Universitas Diponegoro. Kegiatan ini diadakan rutin sebelum Olimpiade Undip digulirkan. Namun sangat disayangkan beberapa tahun belakangan, sejarah mencatat bahwa event POR Teknik justru dipenuhi dengan kekerasan dan gesekan antar jurusan yang menjadi kontradiksi dengan tujuan awalnya yaitu menjadi wadah kebersamaan untuk menyatukan antar jurusan dalam Teknik. Ambil contoh dari POR Teknik 2014 yang harus diberhentikan di tengah jalan karena saat pertandingan basket di GOR Patriot Semarang terjadi gesekan suporter antara 2 jurusan yang  terlalu fanatis hingga mengakibatkan timbul korban dari kerusuhan tersebut. Maka  sesuai dengan kesepakatan kontrak antara BEM Fakultas Teknik dengan pihak dekanat bahwa apabila sampai terjadi kerusuhan yang cukup fatal maka POR Teknik diberhentikan saat itu juga dan isu yang beredar bahwa POR Teknik terancam akan divakumkan selama beberapa tahun ke depan. “Sebenarnya waktu POR Teknik 2014, hari pertama sudah terjadi gesekan dan harus dihentikan namun pihak BEM Fakultas Teknik melobi kembali dan akhirnya diperbolehkan tetap lanjut. Setelah itu pada  tanggal 17 Oktober lalu di GOR Patriot terjadi gesekan kembali dan akhirnya mau tidak mau POR Teknik diberhentikan saat itu juga.”, ujar Sidiq Prasetyo selaku Kepala Divisi Olahraga BEM FT.

Seiring berjalannya waktu, cerita POR Teknik 2014 mulai dilupakan dan berhembus isu-isu mengenai keberlangsungan POR Teknik 2015. Dari pihak BEM Fakultas Teknik yang diwakili oleh Sidiq Prasetyo mencoba meluruskan bahwa penyelenggaraan POR Teknik 2015 masih bersifat mengambang dan belum bisa diputuskan apakah tetap ada atau divakumkan. Saat ini pihak eksekutif mahasiswa sedang melobi kembali dekanat serta  menunggu waktu pergantian dari Pembantu Dekan III karena ditakutkan kebijakan Pembantu Dekan III baru dengan yang lama berbeda. Untuk bagian internal BEM sendiri sudah dibicarakan jauh-jauh hari waktu rapat kerja BEM Fakultas Teknik. “Pada rapat kerja sempat kita bahas tentang kemungkinan POR Teknik 2015. Kita menawarkan 3 yang kemungkinan akan menjadi 4 opsi yaitu POR Teknik tetap ada namun ada jurusan yang kita skorsing, POR Teknik tetap ada full semua ikut dengan tanpa penonton dan suporter, kejuaraan di POR Teknik kita ubah sistemnya menjadi perlombaan seperti atletik lalu opsi terakhir  adalah POR Teknik untuk tahun ini kita vakumkan dulu lalu kita rapikan dahulu segala sistemnya”, urai Tyo.

Faktor pendekatan jurusan juga harus diperhatikan terutama bagi jurusan yang hobinya rusuh dan bentrok. Tyo membeberkan bahwa sebenarnya untuk organisasi eksekutif mahasiswa jurusan dari pihak yang diserang maupun yang menyerang sebenarnya tidak ada masalah lagi dengan kerusuhan saat POR Teknik 2014, namun yang sebenarnya memiliki masalah adalah oknum-oknum diluar organisasi. Ia juga menjelaskan mediasi mengenai hal ini cukup susah karena waktu pertemuan dan konsultasi antara kepala jurusan, sekretaris jurusan dan dewan perwakilan mahasiswa yang terkait dengan BEM Fakultas Teknik pada akhirnya hanya mengemukakan aspirasi dan keluhan dari mahasiswa teknik kepada kepala jurusan, sekretaris jurusan dan DPM jurusan terkait.  Langkah eksekusinya seperti apa hanya diserahkan oleh BEM Fakultas Teknik kepada pihak jurusan yang terkait dan itu tidak menyelesaikan masalah secara penuh.

Pada akhirnya semua pihak hanya bisa berharap yang terbaik ihwal keberlangsungan POR Teknik ke depannya. Harapannya jika POR Teknik tetap diadakan maka semua mahasiswa teknik bisa merasakan dengan duduk manis di tribun penonton sambil menikmati pertandingan dan  suguhan atraksi supporter yang fanatik namun tetap berkode etik. Dan apabila POR Teknik tahun ini gagal terselenggara, diharapkan semua pihak pemangku kekuasaan eksekutif mahasiswa mampu bersama-sama duduk satu meja untuk menyatukan satu tekad teknik jaya.

Caesar Hergi P – Reporter

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Olahraga

More in Olahraga

Mengenal Lebih Dalam UKM Memanah Universitas Diponegoro

adminMay 5, 2017

OLAHRAGA : Lama Vacumm, Tenis Meja Hadir (Lagi) di Teknik

adminApril 17, 2017

Gym di Undip?

adminMay 7, 2016

Siskom Futsal Cup, Ajang Kompetisi Tahunan Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro

adminJune 7, 2015

Melihat Kiprah UKM Badminton Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

adminMay 24, 2015