Teknik

Selamat Datang Cah Teknik

Selamat Datang Cah Teknik

Rabu (26/8/15) pukul 06.00 WIB di halaman Gedung Prof Sudharto, telah berkumpul Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Universitas Diponegoro 2015. Mereka dengan semangat tiba di awal hari untuk mengikuti Orientasi Diponegoro Muda (ODM) FT 2015. ODM FT 2015 yang merupakan penyambutan mahasiswa baru di tingkat fakultas ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun. Kegiatan ini adalah lanjutan dari upacara pada hari sebelumnya yang merupakan rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

Diawali dengan pengumpulan berdasarkan jurusan, para Diponegoro Muda ini diberi penugasan untuk pendidikan karakter esok hari di jurusan masing-masing. Setelah itu mereka menyebar dan berkumpul berdasarkan kelompok yang telah dibagi sebelum pelaksanaan ODM. Mahasiswa Baru Fakultas Teknik angkatan 2015 yang terdiri dari 1765 mahasiswa jenjang S1 dan 541 mahasiswa jenjang D3 dari sembilan belas jurusan atau program studi berbaur dalam 74 kelompok. Masing-masing kelompok didampingi oleh seorang kakak pembimbing.

Kegiatan ODM FT mulai dibuka setelah mahasiswa baru 2015 ini mulai masuk dan memenuhi ruang utama gedung. Sempat terhambat karena kesusahan mengatur duduk para peserta, kegiatan ODM Fakultas Teknik dimulai pada 08.00 WIB. Dibuka dengan masuknya pimpinan dekanat, jurusan dan program studi Fakultas Teknik.

PD 1

Pembantu Dekan I mengawali dengan laporan Penerimaan Mahasiswa Baru. Bapak Dr.Ir. Boediono M.SI selaku Pembantu Dekan I menegaskan bahwa PMB di Fakultas Teknik kondusif dan bebas dari perploncoan. “Di Fakultas Teknik bisa kita pastikan tidak ada perploncoan, bentak-bentak semua itu tidak ada,” tutur Ketua Jurusan Teknik Kimia tersebut.

Berikutnya Aulia Hashemi Farisi selaku ketua BEM FT memberikan sambutan. Mahasiswa S1 Teknik Sipil itu menegaskan kembali bahwa PMB Fakultas Teknik bebas dari perploncoan. Mahasiswa angkatan 2012 ini kemudian mengenalkan lembaga, biro, dan himpunan mahasiswa yang ada di Fakultas Teknik  juga mengakhiri dengan sumpah mahasiswa Indonesia.

Tidak terlewatkan Dekan Fakultas Teknik juga memberikan sambutan. Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD memberi nasehat kepada mahasiswa baru Fakultas Teknik agar bersyukur. Dengan meyakinkan, beliau membeberkan deretan prestasi yang telah diraih Fakultas Teknik.

Pak Dekan ini berikutnya mengenalkan jajaran pimpinan dekanat dan pimpinan jurusan program studi. Tak hanya mengenalkan pimpinannya, Bapak Agung Wibowo juga memberi deskripsi tentang masing-masing jurusan program studi dan prestasinya. Tak ketinggalan Kasubag dari dekanat juga diperkenalkan oleh beliau.

Meskipun kegiatan PMB FT ini rutin dilaksanakan tiap tahunnya, namun 2306 mahasiswa baru tetap terhibur dan dibuat takjub dangan berbagai acara yang dipersiapkan panitia. Seperti yang dirasakan oleh Andhaz Saintekha. Menurutnya ODM FT 2015 kali ini bermanfaat dan menarik. “Bagus ya acaranya menarik, terutama waktu sharing mahasiswa berprestasi dan tentang PKM juga,” ujar mahasiswa S1 Teknik Elektro angkatan 2015 tersebut. Menurut Andhaz, hal yang tak kalah menarik juga adalah ketika sumpah mahasiswa Indonesia saat penutupan.

Pembacaan sumpah mahasiswa Indonesia tersebut merupakan bagian pada ODM FT tahun ini yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Seperti diakui Arif Rachman selaku ketua panitia tentang perbedaan dengan ODM FT tahun sebelumnya. Menurutnya rangkaian kegiatan masih sama dengan tahun sebelumnya karena telah diatur dari dekanat, namun dengan konsep yang berbeda.

“Yang membedakan adalah pembagian kelompok yang merata pada 74 kelompok dengan kakak pembimbing pada masing-masing kelompok. Bukan hanya seperti tahun sebelumnya yang hanya duduk per jurusan,” terang Arif. Menurut mahasiswa S1 Teknik Perkapalan tersebut agar terjadi penyamaan frame dalam kaderisasi.

(Momentum/Taqi & Dea)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

adminSeptember 16, 2020

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

adminAugust 17, 2020

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018