Event

Dipongoro Youth Leader 2015

Dipongoro Youth Leader 2015

IMG_0509

Bertempat pada Gedung ICT Universitas Diponegoro, acara Diponegoro Youth Leader (DYL) Fakultas Teknik yang diselenggarakan hari Sabtu (12/09/2015) berlangsung meriah. Diawali dengan berkumpul di Gedung LPPU Universitas Diponegoro pada pukul 06.00 WIB, acara kemudian dilanjutkan di Gedung ICT mulai dari jam 10.00 WIB sampai 13.30 WIB. Acara ini disambut positif oleh masyarakat serta mendapatkan respon yang baik dari masyarakat sekitar Tembalang.

“Dari pagi semuanya dikumpulkan di LPPU lalu turun ke masyarakat yang dilanjutkan dengan bersih-bersih lingkungan dengan mengambil sampah di sepanjang jalan, lalu kemudian pindah tempat di halaman gedung ICT untuk tempat beistirahat dan juga ada penampilan bakat dari masing-masing jurusan. Tujuan dari acara ini karena panitia bahkan para mahasiswa lama merasa selama ini apatis akan fakultas dan mengalami penurunan kepekaan terhadap lingkungan. Maka dari itu acara ini untuk memfasilitasi mahasiswa baru agar terpancing kepekaan terhadap masyarakat. Sistem saat ini satu kelompok dibagi dengan berbagai macam jurusan dan ini pertama kali dilaksanakan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro karena sebelumnya ada beberapa kegiatan yang membuat mahasiswa saling ribut antar jurusan. Jadi kami ingin meminimalisir hal tersebut dengan konsep berbaur satu sama lain di semua jurusan. Manfaat diadakan DYL ini adalah untuk membuat komunikasi antar jurusan menjadi baik. Kendala dari acara di awal tersendak oleh birokrasi. Awalnya juga acara ini diadakan tanggal 30 Agustus tetapi karena melihat situasi yang ada jadi harus dimundurkan. Harapan kedepannya adalah DYL tetap ada tetapi harus lebih bermutu misal dari pengabdian masyarakat dengan mengambil sampah tetapi kedepannya buat sesuatu yang lebih bermanfaat,” ujar Mulia Fajri Ichzani selaku ketua panitia DYL 2015.

“Sebenarnya acara DYL ini sudah berlangsung lama sejak tahun 2013, tetapi kali ini ingin konsepnya mencari yang berbeda. Kalau dahulu sistemnya pelatihan di gedung Sudarto, sekarang dengan sistem masyarakat dimana mahasiswa baru ini bisa dikenalkan kepada masyarakat. Jujur, tadi saja masyarakat disini sangat senang dan para mahasiswa senang bisa berinteraksi. Harapan kedepan para maba bisa peduli dengan lingkungan disekitar,” ujar Ketua BEM FT Aulia Hashemi Farisi.

 

Berbagai tanggapan dari mahasiswa baru beragam. “Sebenarnya acaranya menarik tetapi tata panggungnya kurang kondusif. Letaknya juga banyak yang menyebar, jadi sebaiknya terfokus disatu tempat aja biar kondusif. Dengan adanya acara ini kami bisa berbincang dengan masyarakat sekitar tentang kendala yang ada, bisa berkenalan dengan teman-teman dari berbagai jurusan. Kedepannya DYL tetap ada tetapi cara kerjanya lebih mernarik lagi”, tanggapan dari Rozan Firdaus, Adhimas Putra, M. Azka, dan Havid Suryo sebagai mahasiswa baru Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

“Banyak sekali kegiatan mahasiswa yang positif saat ini. Oleh karena itu dengan adanya Biro Momentum ini setidaknya bisa membuka kembali komunikasi antara dosen dan mahasiswa. Kita harus membuat budaya akademik yaitu budaya santun dan budaya yang terbuka. Komunikasi antar mahasiswa dan dosen harus baik. Ini merupakan tahap awal dan ini mungkin belum sempurna,menjadi catatan saja agar kedepannya menjadi lebih baik lagi. Harapan kedepan bahwa ini sebagai langkah awal mari kita dorong lebih maju kedepan bahwa ini penting untuk mendengar aspirasi. Saya berharap kedepan kita menjadi semakin demokratis, semakin kedepan kegiatan ini harus bisa membangun dan siap berkompetensi,” ungkap Pak Asnawi selaku Pembantu Dekan III Universitas Diponegoro. (Umi Aulia Fatmawati/Talitha Zuleika)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019