Teknik

Gerakan Aku Cinta Undip, Penutup Tepat untuk ODM 2015

Gerakan Aku Cinta Undip, Penutup Tepat untuk ODM 2015

 

Seperti yang terjadi pada beberapa pekan terakhir ini, tren penutupan kegiatan orientasi mahasiswa dilakukan dengan membuat formasi berbentuk logo atau tulisan mengenai perguruan tinggi masing-masing. Sebagai contoh di Universitas Indonesia yang membuat formasi logo Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada membentuk formasi logo ASEAN, serta Institut Pertanian Bogor yang membentuk formasi logo Institut Pertanian Bogor. Seakan tidak ingin luput oleh tren yang sedang berjalan saat ini, Universitas Diponegoro juga turut serta dalam membuat formasi logo, yakni logo gerakan Aku Cinta Undip.

Pada Senin, 31 Agustus 2015 yang bertepatan dengan acara penutupan Orientasi Diponegoro Muda (ODM) pembuatan logo aku cinta Undip pun dilakukan. “Logo aku cinta Undip sediri adalah sebuah simbol akan entitas kecintaan mahasiswa Undip terhadap almamaternya,” ujar Albanu yang menjadi koordinator acara penutupan ODM. Menurutnya tujuan dari pembuatan formasi logo ini adalah sebagai sarana untuk mengambarkan kecintaan mahasiswa Undip terhadap Universitas Diponegoro seperti yang tertuang pada gerakan Aku Cinta Undip. Selain itu pembuatan logo ini juga dipilih agar menampilkan sesuatu yang berbeda, baru, dan berkesan.

Tidak disangka, pembuatan formasi logo ini dapat memberikan prestasi yang membanggakan bagi Undip. Hari ini (03/09/2015), sebuah penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia – Dunia (LEPRID) bidang pendidikan diberikan kepada Undip dalam kegiatan Seminar Forum Indonesia Peduli Energi di gedung Prof. Soedharto, SH. Penghargaan ini diraih Undip sebagai pemrakarsa dan penyelenggara rekor konfigurasi manusia membentuk siluet pahlawan nasional Pangeran Diponegoro.

Berbeda pada tahun sebelumnya, dimana logo aku cinta Undip hanya di proyeksikan melalui tulisan yang dibuat sendiri oleh pihak Badan Eksekutif Mahasiswa, tahun ini pembuatan logo aku cinta Undip diproyeksikan dengan gambar dari logo aku cinta Undip yang dibuat dengan bantuan tim dari Jurusan Teknik Geodesi. Mereka adalah mahasiswa angkatan 2013 yang terdiri dari Aisah Hajar, Fadhilla Shara, Jessica Nathania, Reyhan Azeriansyah, Muhammad Afif, Restu Fadilla, serta Sulaiman Hakim dan diketuai oleh Michael Vashni.

Pembuatan formasi logo aku cinta Undip sendiri berlangsung selama dua hari dan bertempat di Stadion Universitas Diponegoro. Pada Hari pertama tim melakukan persiapan selama setengah hari dan pada hari kedua berlangsung selama satu hari penuh. “Secara garis besar, tahapan pembuatan ini dibagi menjadi tiga yakni pengolahan data, pengukuran, dan eksekusi,” ungkap salah satu anggota tim Teknik Geodesi, Aisah Hajar. Pada tahap pengolahan data logo gerakan aku cinta Undip didigitasi dan diproyeksikan dengan koordinat lapangan. Setelah itu dilakukan pengukuran menggunakan alat Total Station dengan metode pengukuran Stake Out dan menghasilkan titik-titik yang ditandai dengan patok sebagai tanda posisi mahasiswa berdiri.

Penyusunan formasi aku cinta Undip berlangsung sangat cepat karena adanya keterbatasan waktu yang diberikan oleh panitia dan pemajuan jam yang seharusnya 07.45 WIB dimajukan menjadi 07.15 WIB. Hal ini menyebabkan adanya sebagian mahasiswa yang tidak dapat berkontribusi dalam pembuatan formasi logo aku cinta Undip tersebut.

Pengambilan gambar dilakukan dengan mengunakan drone yang disewa oleh tim. Tujuan pengambilan gambar dari udara ini adalah karena proyeksi logo akan terlihat dengan jelas apabila diambil pada titik kritis di udara.

Menurut ketua tim Teknik Geodesi, Micheal Vashni, kendala dalam pembuatan proyeksi logo aku cinta Undip ini ada pada masalah perizinan, kontrak lapangan, masalah alat HT yang tekoneksi dalam satu frekuensi, serta waktu yang sangat sedikit. “Dan untuk dana yang digunakan dalam pembuatan logo aku cinta Undip ini kami menggunakan dana pribadi dari tim kami dulu, nantinya akan diganti oleh panitia ODM,” tutup mahasiswa ini. (Momentum/ Teddy Krisna)PhotoGrid_14412636568792

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

adminSeptember 16, 2020

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

adminAugust 17, 2020

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018