Tokoh

Jasman Isman Kadir, Sosok Di Balik Berita Lpm Momentum

Jasman Isman Kadir, Sosok Di Balik Berita Lpm Momentum

momen-1

Pesatnya persebaran informasi saat ini tentunya menjadi sorotan umum, untuk itu Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) hadir sebagai penyeimbang sebaran informasi di kampus. Seorang pimpinan lembaga berperan aktif dalam perencanaan lembaganya, seperti halnya LPM dengan pimpinannya untuk posisinya di kampus. Di Fakultas Teknik Undip, LPM Momentum perlahan mulai menjadi pusat informasi di kampus yang tentu saja tidak terlepas dari peran seorang Pimpinan Umum.

Pimpinan Umum LPM Momentum 2015 Jasman Isman Kadir, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, adalah seseorang yang giat. Berawal dari memilih untuk bergabung dengan divisi layouter di LPM Momentum pada tahun 2013 karena keinginannya menyalurkan hobi. Jasman kemudian dipercaya menjadi kepala divisi Layouter setahun setelahnya.

Selain berkontribusi melalui LPM Momentum, Jasman sempat tergabung dalam Forum Studi Teknik (FST) dan dipercaya sebagai staff ahli pada 2014, namun karena terpilih sebagai Pimpinan Umum LPM Momentum, ia memutuskan untuk tidak melanjutkan kegiatannya dalam Forum Studi Teknik (FST). Pada awalnya, sebelum terpikir untuk bergabung di lembaga tingkat fakultas, Jasman memiliki keinginan untuk mengeksplor diri di jurusan. “Dulu awalnya ingin masuk di biro jurnalistiknya sipil, tapi setelah nanya-nanya ternyata tidak jalan,” jelasnya.

Karena kegemarannya menggambar sejak kecil, ia mengikuti organisasi di sekolah yang terkait dengan kegemarannya itu. Pada masa SMP sempat menjadi tergabung di Organisasi Siswa di bidang minat dan bakat bagian seni. Begitu pula ketika di MAN, Jasman sempat menjadi pengurus Majalah tahunan MAN Insan Cendekia Gorontalo. “Itu panggilan dari guru untuk dibentuk tim majalah. Jadi itu proyeknya guru untuk dicari siswa yang bisa,” terang Jasman tentang pengurus majalah tahunan tersebut.

Karena hobinya pada seni dan desain, mahasiswa Jurusan Teknik Sipil angkatan 2012 ini tak jarang memenangkan ajang kreatif. Yang terbaru, ia memenangkan kompetisi poster terbaik “Nurani Competition” yang diadakan oleh Izzati pada bulan Ramadhan lalu. Selain itu pada kepanitiaan berbagai acara, Jasman juga sering terlibat untuk desain grafis atau sebagai tim publikasi dekorasi dokumentasi (PDD). “Dari kecil ya kerjaannya gitu, ngurusin poster-poster gitu,” jelasnya tentang kegemarannya terhadap desain.

Sebelum berkelana ke Pulau Jawa karena kuliah di Undip, Jasman memiliki latar belakang yang kental akan Indonesia Timur. Lahir dari kedua orang tua yang memang berasal dari timur Indonesia, ia lahir dan besar di tanah Papua. Dengan bapak dari Buton, Sulawesi Tenggara, dan ibu dari Gorontalo yang bertemu di Papua ini kemudian lahirlah Jasman pada 21 tahun yang lalu, tepatnya di Manokwari 11 Agustus 1994.

karena tidak ada lembaga pendidikan tingkat atas di desa tempat tinggalnya, ia harus pindah ke Gorontalo ketika lulus SMP. Jasman kemudian pulang ke kampung ibunya sekaligus melanjutkan pendidikan di sekolah yang cukup bergengsi di tingkat nasional, MAN Insan Cendekia Gorontalo. “Karena memang harus pindah, jadi diminta pulang kampung aja. Ada sekolahnya pak Habibie juga kan di sana,” tuturnya tentang alasan ke Gorontalo.

Mahasiswa yang sedang menjalani tahun keempat perkuliahan di Teknik Sipil sempat berkeinginan untuk kuliah di Teknik arsitektur. Namun karena keinginan orang tuanya, akhirnya hingga kini ia kuliah di teknik sipil. “Aslinya mau arsitektur, cuma orang tua lebih suka teknik sipil. Jadi ya aku di teknik sipil ,”ujarnya.
Salah satu teman dekatnya, Kadim Azali, senang bekerja sama dengan Jasman. Menurutnya, Jasman itu seorang pekerja keras, pintar dan percaya diri dengan apa yg dia yakini. Mahasiswa yang juga bekerja di kantor media BEM FT itu kerap kali satu tim dengan Jasman untuk PDD berbagai acara sejak tahun pertamanya.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tokoh

More in Tokoh

NGOBROL SEPUTAR MAHASISWA BERPRESTASI BARENG AMANDA MARGARETH

adminSeptember 25, 2020

MENGENAL SEORANG ANJANA DEMIRA LEBIH DEKAT

adminNovember 4, 2018

Mengenal Lebih Dekat Sosok Kepala Departemen Teknik Geodesi, Dr. Yudo Prasetyo, ST., MT.

adminMay 6, 2018

Sampaikan Kotak Aspirasi, Ketua BEM Undip Diberi Wejangan Bu Menteri

adminApril 10, 2018

90 Menit Bersama Jokowi dalam Dies Natalis ke-60 Undip

adminOctober 18, 2017

Prof. Sudharto P. Hadi, : Pemimpin Tidak Banyak, Merekalah yang Bisa Membagi Waktu

adminMay 31, 2017