Event

Peran Nyata Perguruan Tinggi Sumbang Ketahanan Produk Anak–anak Melalui INDISCO 7

Peran Nyata Perguruan Tinggi Sumbang Ketahanan Produk Anak–anak Melalui INDISCO 7

indisco

Salah satu upaya yang dilakukan perguruan tinggi untuk memberikan sumbangan pada ketahanan produk lokal adalah dengan menyelenggarakan Industrial Design Seminar & Competition (INDISCO) 2015. Jurusan Teknik Industri Universitas Diponegoro telah 7 tahun berturut-turut acara INDISCO ini. INDISCO 7 ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro. INDISCO 7 terdiri dari 2 acara yaitu kompetisi lomba mendesain produk untuk anak-anak dan seminar nasional.

Tujuan dari diselenggarakannya INDISCO 7 ini adalah untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa dalam mendesain produk untuk anak-anak usia 6-12 tahun sebagai bagian dari dunia industri kreatif serta mempererat kerja sama antar mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Inovasi yang ada diharapkan mampu membuat produk untuk anak-anak yang tidak hanya nyaman untuk digunakan tetapi juga memiliki desain yang menarik sehingga dapat bersaing dengan produk untuk anak-anak lainnya secara global dewasa ini. Secara garis besar perlombaan akan dilaksanakan dalam dua tahapan, yakni Tahap 1 (Seleksi Awal) dan Tahap 2 (Final).

INDISCO 7 ini diselenggarakan pada tanggal 9-11 Oktober 2015 di Hotel Quest Semarang dan puncak acaranya di Gedung PKK Jawa Tengah. Acara ini diikuti oleh peserta dari berbagai universitas di Indonesia dan juga luar negeri, terutama Asia Tenggara. Baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta ikut berpartisipasi dalam acara yang mengambil tema “Children’s Product “Fun, Functional and Fabulous Product Design for Children’s World” ini.

Puncak acara INDISCO 7 dilaksanakan bersamaan dengan seminar nasional pada tanggal 11 Oktober 2015. Acara tersebut dihadiri 20 besar tim peserta dan peserta seminar dari seluruh Indonesia bahkan Asia Tenggara. Acara dimulai dengan pembukaan dari Dekan Fakultas Teknik Undip, Ir. Mochammad Agung Wibowo, MM., MSc., PhD. Untuk acara seminar, dilakukan diskusi panel bersama General Manajer PT. Hartono Istana Teknologi : Aloysius Purwanto, Dr. Ir. Bambang Purwangono, M.Eng., serta ketua jurusan Desain Produk Industri ITS : Dr. Agus Windarto, DEA.

Seminar nasional INDISCO 7 diakhiri pada pukul 11.30 WIB dengan diumumkannya pemenang. “Selesainya acara Indisco 7 ini bersamaan dengan diumumkannya para pemenang. Juara 1 diraih oleh tim Champ dari Universitas Surabaya, juara 2 Guanyadors dari Universitas Telkom, juara 3 tim Pelita dari ITB, dan untuk juara favorit diraih oleh Undip, Tim Select British,” ujar Tiara, salah satu panitia Indisco 7. (Dea & Evinsa)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019