Uncategorized

Perkembangan Status PTN-BH Universitas Diponegoro

Perkembangan Status PTN-BH Universitas Diponegoro

Statuta Universitas Diponegoro sebagai PTN-BH yang sudah berlaku sejak 17 Oktober 2014 melalui Peraturan Pemerintah No.81/2014 disahkan oleh Susilo Bambang Yudhoyono bersama dengan tiga perguruan tinggi lainnya tentu akan banyak mengalami perubahan dan cukup memakan waktu yang lama untuk menyelesaikan itu semua. Salah satu syarat menjadi PTN-BH adalah adanya tiga organ di universitas tersebut, yaitu rektor, senat akademik, dan majelis wali amanah.

“Nah sedangkan Undip sendiri baru memiliki rektor, untuk senat akademik dan majelis wali amanah belum dibentuk,” ujar Prof Narso selaku Senat Dosen Universitas Diponegoro. Maka dari itu Undip sendiri sekarang sedang membentuk senat akademik dalam perkembangan PTN-BH yang seharusnya sudah harus dibentuk dua bulan setelah SK PTN-BH itu dikeluarkan. “Tahapannya sekarang sedang mengumpulkan perwakilan dosen – dosen tiap fakultas yang terdiri dari guru besar dan disini setiap fakultas memiliki perwakilan dosen sesuai dengan jumlah mahasiswanya sehingga Fakultas Teknik memiliki 8 wakil dosen,” ujar Prof Narso.

Undip memang sudah menjadi PTN-BH secara institusi namun sampai sekarang masih menggunakan sistem PTN BLU karena masih dalam persiapan menjadikan PTN BH seutuhnya. Untuk melakukan masa transisi ini diberikan waktu 2 tahun, namun dari pihak Rektor Universitas Diponegoro sendiri tidak ingin menunggu lama. Beliau ingin pada awal Januari 2015 Universitas Diponegoro resmi menjadi PTN BH. Walaupun sampai sekarang organisasi inti yang dimiliki Undip hanya Rektor namun Undip mengusahakan agar wacana itu cepat terealisasi. Salah satu syarat menjadi PTN BH adalah program studi D III dan S1 tidak dapat disatukan sehingga untuk program DIII sendiri akan membentuk sekolah vokasi Undip yang nantinya akan memiliki dekan sekolah vokasi sendiri namun hal ini belum dapat terealisasi karena Undip masih harus membentuk 3 organ inti dalam PTN BH. Sekolah vokasi akan segera dilaksanakan dan diinformasikan ke fakultas – fakultas yang memiliki prodi DIII setelah Undip rampung menyusun senat akademik dan majelis wali amanat. (Momentum/Sabana)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Uncategorized

More in Uncategorized

Hanya dari Ampas Tebu Bisa digunakan Sebagai Penjernih Minyak dan Mandi?

adminFebruary 12, 2020

Tidak Ada Pengembalian Untuk UKT Mahasiswa Semester Lanjut

adminFebruary 2, 2020

Hikmah Pro Kontra RUU KPK

adminSeptember 19, 2019

Registrasi Momentum Journalistic Fair 2018

adminOctober 16, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

BEM FT dan SM FT 2018 akan Menyelesaikan UKT Semester 9

adminFebruary 15, 2018