Event

CREATION 2015 : Leave Conventional, Grab the Future with Renewable Energy

CREATION 2015 : Leave Conventional, Grab the Future with Renewable Energy

sa

Sabtu (21/11/2015), seminar nasional Renewable Energy telah diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Acara seminar ini merupakan puncak acara dari Creation 2015. Creation sendiri adalah nama dari rangkaian acara. Creation adalah singkatan dari Chemical Engineering Fair and Competition (pada tahun lalu, bernama Energy Days).

Seminar nasional tahun ini mengambil tema Renewable Energy dengan tagline “Leave Conventional, grab the future with renewable energy”. Seminar nasional ini terdiri dari dua sub seminar yaitu grand seminar dan seminar room. Dimana setiap peserta akan mengikuti grand seminar dan memilih salah satu seminar room yang ada.

“Acara grand seminar diselenggarakan untuk semua peserta seminar, kemudian peserta dipisahkan ke masing – masing bidang sesuai pilihannya untuk mengikuti seminar room. Seminar room ini dibagi menjadi tiga bidang yaitu biomassa, geothermal, dan solar cell,” jelas Nur ‘Aini Hamada, salah satu panitia Creation 2015.

Puncak acara Creation 2015 ini dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh Pembantu Rektor III, Bapak Dr. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol. Sebanyak lebih dari 400 mahasiswa dari universitas di seluruh Indonesia menghadiri acara ini.

“Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia serta finalis kompetisi CERCo. Acara puncak ini tidak hanya seminar saja namun sekaligus pengumuman pemenang CERCo, SMARTComp dan konferensi,” ujar Albert Iskandar selaku ketua panitia Creation 2015.

Pembicara – pembicara yang didatangkan ke Grand Seminar yaitu Ir. Riki Firmanda, M.Sc., selaku wakil dari Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementrian ESDM, lalu Radikal Utama, selaku Senior Vice President PT. Supreme Energy, Indonesia, dan Ir. Doddy Astra, M.Sc., MBA., selaku Manager Geoscience GPO, Chevron Geothermal Indonesia.

Sedangkan untuk Seminar Rooms mendatangkan Dr. Ir.Dadan Kusdiana, M.Sc selaku Direktur Bioenergi Dirjen Energi Baru, Terbarukan & Konservasi Energi ESDM untuk bidang biomassa, lalu Doddy Priambodo selaku Senior Vice President PT. Exploration Pertamina untuk bidang Geothermal, dan Prof. Arief Suriadi Budiman, Ph.D. selaku Chief Scientist, Center for Solar Photovoltaics (CPV), Surya University, Indonesia untuk bidang Solar Cell.

“Saya sangat puas mengikuti acara Creation 2015 ini karena pembicara yang didatangkan benar – benar berkompeten dalam bidangnya ditambah adanya Seminar Rooms yang membuat materi yang disuguhkan lebih fokus. Menurut saya acara yang sangat sukses ini harus terus dikembangkan sehingga dapat dilanjutkan hingga tingkat Internasional,” ujar Ulfi, salah satu peserta Creation 2015 yang mengaku puas dengan acara tersebut.

Selain seminar, acara Creation 205 dimeriahkan oleh PSM FISIP dan Orchestra UNDIP. Menariknya, disela – sela waktu istirahat peserta juga dapat mengunjungi expo yang diisi oleh finalis CERCo dan beberapa jurusan di Undip. (Dea)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019