Opini

Kaidah Jurnalistik Benteng Terakhir Masyarakat Melek Media

Kaidah Jurnalistik Benteng Terakhir Masyarakat Melek Media

Kita semua tahu bagaimana perkembangan media sosial saat ini berkembang begitu pesat. Perkembangan ini tentunya telah memberikan dampak baik positif maupun negatif bagi semua kalangan masyarakat. Media sosial banyak memberikan manfaat dalam berbagai hal, tetapi juga memberi sisi negatif apabila penggunaanya tidak dilakukan sebagaimana mestinya.

Salah satu manfaat media sosial adalah dalam hal pemberitaan atau penyampaian informasi pada khalayak umum. Media sosial sudah banyak memberikan kontribusi dalam dunia jurnalistik. Dengan adanya media sosial, masyarakat lebih mudah memperoleh berita. Karena media sosial begitu booming di kalangan masyarakat, masyarakat pun begitu mudahnya percaya dengan segala pemberitaan yang ada. Masyarakat terlalu mudah percaya dengan menganggap berita yang tersebar di media sosial semuanya benar. Padahal belum tentu berita tersebut adalah berita benar dan bisa dipertanggungjawabkan.

Masyarakat menjadi gampang “diarahkan” untuk menyukai atau membenci sesuatu karena media. Hal ini berkaitan dengan peran media sebagai pembentuk opini masyarakat. Bagaimana apa yang disampaikan oleh media sangat memengaruhi pandangan masyarakat akan suatu hal. Sedangkan saat ini banyak sekali berita yang memihak salah satu. Padahal kaidah jurnalistik itu di antaranya adalah menyajikan pemberitaan yang berimbang dan tidak memihak. Kita lihat saja saat ini, banyak sekali pemberitaan di media sosial yang memihak kalangan tertentu untuk memenuhi maksud terselubung. Banyak sekali informasi hoax bermunculan di banyak media sosial. Tak jarang hal tersebut menimbulkan perang komentar, yang tak sedikit berujung pada perkelahian.

Keberpihakan suatu berita yang beredar di media sosial, sudah menjadi bukti bahwa berita tersebut tidak berimbang karena sudah jelas tidak sesuai dengan kaidah jurnalistik. Artinya kita tahu bahwa berita tersebut tidak perlu dipercaya. Terlebih lagi, berita yang sering kita jumpai dalam berbagai media sosial adalah berita berbasis teks yang sangat mudah untuk dipermainkan.

Untuk itu, kita sebagai masyarakat harus cerdas dalam memilih mana berita yang benar dan mana berita yang hanya sekadar kabar burung yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Masyarakat hendaknya memilih berita, informasi, data yang disampaikan sesuai dengan kaidah jurnalistik yang berlaku. Tidak perlu sampai berkelahi atau terbawa arus berita yang ada di berbagai media massa. Apalagi tidak bisa dipertanggungjawabkan sumber medianya. Tentunya hal tersebut sangat merugikan bagi masyarakat, apalagi masyarakat awam yang belum sepenuhnya mengerti kaidah jurnalistik yang benar.

Sedangkan bagi insan-insan media, mereka harus berupaya mengembalikan selera masyarakat ke sebuah berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik. Berita yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, berita dengan sumber yang jelas. Hendaknya media menyadari betul perannya sebagai pembentuk opini masyarakat. Apa yang media beritakan, sangat memengaruhi penilaian masyarakat akan sesuatu. Jadi akan lebih bijak kiranya media memberikan pemberitaan yang berimbang yang sesuai dengan kaidah jurnalistik yang ada.

Kaidah jurnalistik merupakan patokan masyarakat dapat menilai benar salahnya sebuah informasi yang didapatkan. Kaidah jurnalistik sangat membantu masyarakat akan pentingnya sumber media yang membuat masyarakat tidak begitu mudahnya percaya dengan berbagai pemberitaan yang muncul di media sosial. Masyarakat akan lebih mudah membedakan berita yang dapat dipertanggungjawabkan dan mana yang tidak. Sehingga di sini jelas peran kaidah jurnalistik cukup besar dalam pembentukan opini masyarakat melalui media. Inilah arti hakiki “Kaidah Jurnalistik Benteng Terakhir Masyarakat Melek Media”.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opini

More in Opini

Dilema Pilkada 2020 di Tengah Pandemi

adminOctober 10, 2020

Polemik Kata “Anjay”

adminSeptember 21, 2020

Mahasiswa Baru: Keresahan Kaderisasi, Teman, dan Dosen Online

adminAugust 17, 2020

New Normal, Herd Immunity dan Segala Ketidakabsahannya

adminMay 31, 2020

Kebijakan Tutup Pintu Saat Lebaran

adminMay 27, 2020

Suara BEM-U Atas Surat Edaran Penyesuaian UKT

adminMay 13, 2020