Event

Batik in Campus: Upaya Melestarikan Batik di Kalangan Mahasiswa

Batik in Campus: Upaya Melestarikan Batik di Kalangan Mahasiswa

Berlokasi di Gedung Teknik Industri Universitas Diponegoro Semarang,acara Batik In Campus pada tanggal 27 November 2015 telah terselenggara. Diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Undip, acara yang diselenggarakan dengan tujuan untuk melestarikan budaya batik di kalangan mahasiswa terutama mahasiswa Undip berlangsung semarak.Acara yang terdiri dari Pemilihan Puteri Batik Kampus 2015, Lomba desain batik dan bazar kewirausahaan diikuti oleh mahasiswa dari fakultas-fakultas di Universitas Diponegoro dan Komunitas Pecinta Batik.

Batik In Campus (BIC) resmi dibuka oleh Bapak Dr. Budi SetiyonoS.Sos, M.Pol selaku Pembantu Rektor III Universitas Diponegoro pukul 2 siang. Tiga puluh finalis Puteri Batik, enam desain batik dan stand-stand bazar kewirausahaan ikut berpartisipasi dalam acara BIC 2015.

Tiga puluh finalis Puteri Batik Undip yang sebelumnya telah melalui tahapan seleksi, melalui tahap penyisihan berupa tes kepribadian dan wawasan tentang batik hingga tersisa 2 finalis terbaik dan 1 finalis favorit. Finalis terbaik ditentukan oleh penilaian juri- juri yang berkompeten dibidangnya yaitu, Ibu Monika Suprihati selaku Pembina Komunitas Batik Remaja Semarang, Ibu Tuti Srihadi selaku ahli bidang kepribadian dan manner, Bapak Gampang Nurcahyo S.Pd, M.Hum selaku Dosen Bahasa Inggris IKIP PGRI dan Ibu Asiatus Salama selaku istri Pembantu Rektor III Universitas Diponegoro. Sedangkan untuk Puteri Batik Favorit dan Desain Batik Favorit ditentukan oleh voting pengunjung.

Juara I Puteri Batik Undip adalah Hirda Rahma, finalis dari Fakultas Hukum disusul oleh runner-up Puteri Batik Undip Meidhita Afidanti Ghaisani finalis dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sedangkan untuk Puteri Batik Favorit diperoleh Avy Tiasa Febrina dari Fakultas Psikologi.Di bidang desain batik,juara Terbaik diraih Innallatil Andiyah dan desain batik terfavorit adalah karya dari Dodo Ardiles.
Seperti tujuan awal diadakannya Batik in Campus 2015 ini, “Kami disini ingin melestarikan batik dengan mengubah image batik yang kuno di matamahasiswa, sehingga mahasiswa akan lebih nyaman dalam memakainya,” ungkap Wening Rahayuningtyas selaku Ketua Panitia Batik in Campus 2015.

Batik In Campus mendapatkan bebagai dukungan dan apresiasi dari berbagai golongan salahsatunya adalah Bapak Dr. Ing, Asnawi, MT.selaku Pembantu Dekan III Fakultas Teknik “Saya appreciated dengan acara ini karena selama ini masih kurang promosi kita tentang budaya batik kedunia. Sehingga saya harapkan acara ini kedepannya dapat dikemas lebih baik lagi sehingga khasanah budaya kita benar benar terangkat”.

(Lelyana Octavia- LPM Momentum 2015)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019