Umum

Akhir Dialog Terbuka Menggantung, Mahasiswa Kecewa

Akhir Dialog Terbuka Menggantung, Mahasiswa Kecewa

Rabu (13/4/2016) pihak rektorat dan mahasiswa akhirnya bertemu dalam dialog terbuka yang dilaksanakan di ruang Quality Hall Widya Puraya Undip. Audiensi terbuka ini merupakan tindak lanjut tuntutan aksi mahasiswa untuk bertemu langsung dengan jajaran rektorat membahas mengenai kenaikan UKT, pemberlakuan SPI dan transparansi keuangan. Dalam pertemuan ini dihadiri oleh rata-rata 5-6 perwakilan mahasiswa dari 11 fakultas dan dari pihak rektorat lengkap jajarannya bersama perwakilan dekanat masing-masing fakultas.

Dialog terbuka dibuka dengan pemaparan mengenai kondisi logis keuangan Undip saat ini yang secara garis besar Prof. Yos menyebut bahwa Undip sedang defisit. Maka jalan yang bisa ditempuh dengan memberlakukan hak yang sudah tertuang dalam peraturan pemerintah yakni menaikkan UKT dan memberlakukan SPI. “Dengan kondisi defisit seperti ini, kita harus mengambil resiko untuk tidak mengorbankan Undip,” terang Pak Yos. Dalam sesi dialog pun dibuka dengan berbagai pertanyaan dari masing-masing fakultas. Hingga tensi sedikit meninggi pada akhir-akhir dialog karena pernyataan dari salah satu jajaran rektorat mempertanyakan mengapa mahasiswa berjuang sedang yang diperjuangkan selama ini belum ada wujudnya. Di sesi penutupan, Prof. Yos menyimpulkan bahwa kebijakan ini diambil semata-mata untuk kebaikan Undip kedepannya.

Kekecewaan tampak dari raut wajah mahasiswa yang turut serta dalam dialog terbuka tersebut. Menanggapi dialog terbuka tersebut Austin Al Ghifari selaku Ketua BEM FT menyebut bahwa forum seakan-akan dikuasai oleh Rektor dan mahasiswa seakan ‘terpaksa’ mendengar penjelasan rektor yang memberi informasi secara satu arah. “Jujur saya juga kecewa karena beberapa pertanyaan tidak dijawab dengan tepat sasaran dan ditambah dengan statement pimpinan Undip yang memberi kesan egois dan ambisius demi kualitas Undip semata,” Beber Austin. Menurutnya, untuk pergerakan selanjutnya perlu segera dilakukan seperti inisiasi MoU. (Momentum)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umum

More in Umum

Indonesia di Masa Revolusi Industri 4.0

adminNovember 14, 2018

Rutinitas Aksi Buruh, Didengarkah oleh Pemerintah?

adminMay 6, 2018

Taman Segitiga Widya Puraya Dirombak

adminMarch 18, 2018

Mengenai Diskusi Pesta Pendidikan, Begini Tanggapan Ketua BEM FT Undip

adminOctober 18, 2017

90 Menit Bersama Jokowi dalam Dies Natalis ke-60 Undip

adminOctober 18, 2017

Jelang 30 September, Mahasiswa GERAM Adakan Nobar

adminOctober 1, 2017