Umum

Tolak UKT dan Pengadaan SPI, Mahasiswa Undip Aksi

Tolak UKT dan Pengadaan SPI, Mahasiswa Undip Aksi

cx

Selasa (5/4/2016) massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Universitas Diponegoro melakukan aksi di lingkungan Widya Puraya, untuk menyapaikan tiga tuntutan terkait kenaikan UKT dan pengadaan SPI bagi mahasiswa baru Undip angkatan 2016. Ribuan mahasiswa yang menyatakan diri sebagai Aliansi Mahasiswa Undip merupakan gabungan dari berbagai elemen mahasiswa Universitas Diponegoro.

Aksi ini dilakukan pada sore hari, dimulai dengan orasi dari perwakilan tiap fakultas di Undip. Selanjutnya dilakukan aksi teatrikal sebagai bentuk penolakan kenaikan UKT dan pengadaan SPI. Dimana dalam waktu yang sama sebagian mahasiswa juga menyampaikan aspirasinya kepada pihak rektorat terkait rencana kenaikan UKT dan pengadaan SPI.

Setelah perwakilan mahasiswa berorasi dan melakukan aksi teatrikal, pihak rektorat melalui perwakilannya menemui mahasiswa untuk memberikan penjelasan terkait rencana kenaikan UKT dan pengadaan SPI. Salah satunya disampaikan oleh Ibu Ratna selaku Kepala Bagian Keuangan Undip. “SPI diatur di Permenristekdikti No. 22 Tahun 2015, dimana disebutkan bahwa PTN dapat memungut uang pangkal dan atau pungutan lain selain UKT dari mahasiswa program Sarjana dan Diploma yang salah satu poinnya adalah berhak memungut SPI kepada mahasiswa baru yang masuk melalui jalur Ujian Mandiri,” ungkapnya.

Selain itu Aliansi Mahasiswa Universitas Diponegoro juga membawa berbagai spanduk tuntutan bertuliskan; “Tolak Kenaikan UKT dan Adanya SPI”, “Dijual Buat Bayar SPI”, “Tuntut Janji Rektor”, “Pendidikan untuk Mencerdaskan Bukan untuk Dikomersilkan”, “Saya Tolak Kenaikan UKT dan Pengadaan SPI” dan lain sebagainya.

Hasil akhir dari aksi tersebut adalah pihak mahasiswa ingin datang kembali untuk melihat Rektor Undip berbicara terkait rencana kenaikan UKT dan pengadaan SPI. Dimana permintaan tersebut disetujui oleh perwakilan rektorat, bahwa Rektor Undip akan menemui dan berdiskusi dengan mahasiswa Selasa esok. (Momentum/Dedy M)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Umum

More in Umum

Indonesia di Masa Revolusi Industri 4.0

adminNovember 14, 2018

Rutinitas Aksi Buruh, Didengarkah oleh Pemerintah?

adminMay 6, 2018

Taman Segitiga Widya Puraya Dirombak

adminMarch 18, 2018

Mengenai Diskusi Pesta Pendidikan, Begini Tanggapan Ketua BEM FT Undip

adminOctober 18, 2017

90 Menit Bersama Jokowi dalam Dies Natalis ke-60 Undip

adminOctober 18, 2017

Jelang 30 September, Mahasiswa GERAM Adakan Nobar

adminOctober 1, 2017