Event

Menjalin Ukhuwah Satu Teknik Satu Perjuangan

Menjalin Ukhuwah Satu Teknik Satu Perjuangan

IMG_00212

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro merupakan fakultas yang mayoritas mahasiswanya beragama muslim. Dengan banyaknya jumlah mahasiswa muslim menjadikan potensi besar bagi perkembangan Fakultas Teknik apabila dapat terkoordinir dengan baik. Untuk merekatkan ukhuwah dan menjalin harmonisasi yang baik antar mahasiswa muslim Fakultas Teknik angkatan 2015, lembaga Izzati sebagai kerohanian Islam (Rohis) Fakultas Teknik kembali menyelenggarakan TANYA (Tafakur AlamNYA Anak Teknik) 2016. Tidak hanya Izzati, acara ini juga terlaksana atas kerjasama yang apik dengan forum muslim angkatan PRIME14 sebagai panitia pelaksana TANYA 2016.

Acara yang diselenggarakan mulai Jum’at (13/5) dan berakhir pada Minggu (16/5) ini kembali berlokasi di Bantir, Sumuwono. TANYA merupakan sebuah sarana bagi mahasiswa teknik untuk tafakur alam sekaligus juga menjalin ukhuwah antar sesama mahasiswa muslim se-teknik. Dengan mengusung tema Muslim Engineering to The Golden Rise, menurut Kholisa Intan selaku Wakil Ketua Panitia TANYA 2016, acara ini memiliki tiga esensi utama. Esensi yang pertama adalah TANYA sebagai bekal bagi peserta agar kelak di kemudian hari dapat mengerti akan tugas dan peranannya sebagai mahasiswa muslim. “Selain itu, untuk tafakur alam-NYA sendiri itu bertujuan agar kita dapat mensyukuri nikmat Allah. Dan yang ketiga adalah pembentukan forum muslim teknik itu biar mahasiswa teknik angkatan 2015 bisa tetep saling merekatkan ukhuwah meskipun TANYA sudah selesai,” ujar  Kholisa menambahkan.

Menurut Aulia Izzatul selaku peserta TANYA 2016 dari S-1 Teknik Lingkungan, dirinya menyatakan bahwa TANYA 2016 merupakan ajang yang sangat dinanti karena kebermanfaatannya. Bukan saja sebagai ajang menjalin ukhuwah, namun menurutnya kegiatan ini juga dapat membukaan mata hati peserta TANYA akan kondisi umat Islam yang dulu, kini dan nanti serta dapat membimbing peserta akan bagaimana cara membangkitkan Islam lagi di masa mendatang. Dengan disediakannya materi – materi yang sesuai dengan tema yang ada dengan pembicara yang ahli dan sangat baik, menjadikan acara TANYA 2016 sangat meriah dan membawa kesan sangat baik bagi pesertanya.

Difungsikannya TANYA sebagai ajang ukhuwah ini, rupanya juga mengeluarkan satu produk yang dihasilkan seusai TANYA. Output yang dihasilkan pasca TANYA adalah dengan terbentuknya forum muslim tekik angkatan 2015 dengan nama ATOM 15 (A blaze Torch Of Muslim ‘15) yang diketuai oleh Izzudin Al-Qossam dari S-1 Teknik Geodesi dan didampingi oleh Koordinator Akhwat yaitu Aulia Izzatul Mardiyah dari S-1 Teknik Lingkungan.

“Mengingat amanah ini bukan hal yang mudah, saya akan berusaha semampu saya menjalankan tanggung jawab ini, menjadi sesosok pemimpin yang mereka inginkan, dan merealisasikan tujuan bersama. Harapan kedepannya, output dari TANYA 2016 yakni ATOM 15 mampu berkarya dikampus dengan membawa nilai- nilai yang telah didapatkan dari acara tersebut,” Ungkap Izzudin selaku Mas’ul ATOM 2015. (Dhila & Ikrima/Momentum)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019