Ristek

HITS (Helm in Terror System), Helm Informator pada Kondisi Bahaya

HITS (Helm in Terror System), Helm Informator pada Kondisi Bahaya

hiats


Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah pengendara sepeda motor terbanyak di dunia. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna sepeda motor, maka tidak dapat dipungkiri tingkat kecelakaan pun akan semakin meningkat. Namun ketika insiden kecelakaan terjadi, terkadang korban justru tidak mendapatkan pertolongan dengan segera.  Helm merupakan suatu pengaman kepala yang diwajibkan oleh pihak kepolisian untuk digunakan para pengendara motor saat mengendarai motor. Karena helm  merupakan sebuah pengaman untuk melindungi kepala dari dampak kecelakaan atau ancaman kriminal yang terjadi terutama pada daerah kepala.

Karena hal tersebut Yesaya Putra Riksawan , Danu Nur Ashifa, Pandu Wicaksana, Friza Nur Chayati, M. Aji Burhanudin (D3-Teknik Elektro) yang  dibimbing oleh Iman Setiono selaku dosen D3-Teknik Elektro ini memberikan suatu inovasi alat dalam pengamanan pengendara motor yaitu HITS (Helm in Terror System). HITS merupakan helm yang memiliki teknologi canggih dimana memiliki kemampuan sebagai informator dalam kondisi berbahaya berbasis Android dan memanfaatkan sinar surya sebagai sumber energinya.

HITS dilengkapi dengan sensor kemiringan dan tombol SOS untuk mendeteksi kemiringan helm saat jatuh dan juga tombol yang dapat ditekan ketika pengendara menghadapi ancaman kriminal.  Dimana disaat helm pengendara jatuh maupun berubah posisi dari posisi sebenarnya, sensor akan mendeteksi keadaan yang terjadi dan system pada helm akan mengirimkan informasi kepada kerabat terdekat maupun orang tua pengguna helm berupa SMS yang berisi lokasi yang dapat diakses menggunakan Google Maps pada Android. Dengan adanya HITS diharapkan bisa mengurangi dampak maupun resiko kecelakaan maupun tindak kejahatan, ketika korban membutuhkan pertolongan segera.

HITS yang  merupakan Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta yang mendapatkan dana dari Kemenristekdikti tahun 2015 ini memiliki kelebihan dimana pengunaan yang praktis serta sistem yang dapat berjalan dengan cepat ketika menghadapi suatu insiden yang terdeteksi. Fungsi sistem juga mengirimkan lokasi secara akurat.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ristek

More in Ristek

Info SSO (Single Sign On)

adminMay 24, 2019

Pemanfaatan Sampah Anorganik dengan Hidroponik dan Inovasi Olahan Sayur Sebagai Program Multidisiplin KKN Tim II Desa Nglondong

adminAugust 24, 2018

Batulempung & Zeolite, Terobosan Baru Penjernih Air Kapur di Desa Kedungringin

adminAugust 24, 2018

Briket Sekam Padi sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Padat Sekam Padi di Desa Gunung Tumpeng

adminAugust 20, 2018

Alat Penembak Drone Ilegal Buatan Mahasiswa UNDIP

adminJune 14, 2018

Ksatria Hydros Siap Ikut Ajang Internasional

adminApril 29, 2018