Event

KILAS UNIK PASUKAN DELEGASI MAHASISWA BARU DIBALIK UPACARA MAHASISWA BARU

KILAS UNIK PASUKAN DELEGASI MAHASISWA BARU DIBALIK UPACARA MAHASISWA BARU

This slideshow requires JavaScript.

Senin, (8/8/16) bertempat di stadion Universitas Diponegoro dimana sedang diadakan upacara pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2016 yang dimulai pukul 07.00 WIB. Terlihat banyak kesibukan baik dari ribuan mahasiswa baru, KSR, resimen mahasiswa (MENWA), panitia serta pihak-pihak yang terlibat dalam persiapan Penerimaan Mahasiswa Baru.

 

Upacara terlihat berbeda dibandingkan tahun lalu dimana sekarang mahasiswa baru mempunyai tempat yang nyaman dengan disediakan tenda serta ribuan bangku. Acara yang diawali dengan gladi kotor dilanjutkan dengan upacara resmi dan dibuka oleh rektor Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Dilanjutkan dengan informasi jumlah mahasiswa baru tahun 2016 sebanyak 9.897 orang terdiri dari program doktor 167 orang, magister 1.124 orang, spesialis 90 orang, keprofesian 18 orang, sarjana 6.776 orang serta diploma 1.722 orang. Tidak hanya mahasiswa yang berasal dari dalam Indonesia, namun terdapat 4 mahasiswa dari luar negeri dimana salah satunya berasal dari timor leste dan 3 orang berada di kelas internasional fakutas ekonomika dan bisnis.

 

Selanjutnya acara terlihat semakin meriah ketika sesi penyematan simbolis jas almamater Undip serta penyerahan kartu mahasiswa yang diserahkan Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. kepada pasukan delegasi mahasiswa baru. Pasukan delegasi mahasiswa tersebut berasal dari penyeleksian yang sangat ketat dimana terdapat 4 tahap seleksi oleh pihak resimen mahasiswa yang juga bertindak untuk melatih pasukan delegasi tersebut selama satu bulan.

 

Seperti yang diterangkan oleh Komandan satuan resimen mahasiswa Undip yakni resimen mahasiswa 901, Rizka dari Teknik Perkapalan angkatan 2012. Perekrutan pasukan delegasi mahasiswa baru telah dilakukan sejak jauh-jauh hari dimana data awal berjumlah 200 mahasiswa yang mendaftarkan diri sebagai pasukan delegasi. Persyaratan seleksi berupa pemilihan yang sesuai domisili dekat dengan Semarang. Lalu setelah tahap tersebut terpilih 70 orang dimana diseleksi kembali dengan tahapan seperti seleksi fisik, kesehatan, dan kemampuan dasar PBB. Hingga akhirnya terpilih sebanyak 16 orang sebagai pasukan delegasi mahasiswa. Kemudian dilatih selama satu bulan oleh resimen mahasiswa baik itu dengan pelatihan PBB, fisik, dan juga diajarkan jiwa korsa yang berarti jiwa kebersamaan.

 

Menurut Rizka, untuk menjadi pasukan delegasi mahasiswa hal yang penting dimiliki setiap anggotanya ialah kemauan kuat. Yang kedua ialah domisili atau tempat tinggal meskipun resimen mahasiswa telah menyiapkan fasilitas basecamp, akan tetapi domisili yang bertempat dekat dengan Semarang menjadi salah satu faktor penting untuk terpilih menjadi pasukan delegasi mahasiswa baru. (Momentum/Arda dan Dhila)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019

Dari Puan Hingga Vidi, Penutupan ODM Undip Hadirkan Nuansa Toleransi dan Persatuan

adminAugust 19, 2019