Teknik

Menciptakan Iklim Riset Mahasiswa Baru Fakultas Teknik 2016 Dalam Acara GORe

Menciptakan Iklim Riset Mahasiswa Baru Fakultas Teknik 2016 Dalam Acara GORe

Jumat, (12/8/16) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM FT) Undip dan Forum Studi Teknik (FST)  berkolaborasi dengan Dekanat Fakultas Teknik Universitas Dipoegoro  menyelenggarakan acara GORe (Grand Opening of Research) di Gedung Prof. Soedharto. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara dihari ke-4 dari proses penerimaan mahasiswa baru, dimana telah dilaksanakan pendidikan karakter dimasing-masing departemen selama 3 hari. Secara umum, konsep GORe adalah untuk menjelaskan basic research terhadap mahasiswa baru, khususnya di Fakultas Teknik.

Terdapat 3 rangkaian acara dalam pelaksanaan GORe, yakni menjelaskan 4 pilar ristek, memotivasi mahasiswa baru untuk berkarya dan memperkenalkan riset besar Fakultas Teknik. Diskusi 4 pilar ristek menghadirkan pembicara yang tentunya telah paham betul tentang riset. Diantaranya Priska Retnosari dari S1 Teknik Industri yang menjelaskan banyak hal tentang riset. Retno Suryani dari S1 Teknik Lingkungan menjelaskan tentang PKM, M. Hedi Zuliana dari D3 Teknik PWK, Dyah Rachmawati dari S1 Teknik Industri, dan Adrian Bela Widodo dari S1 Teknik  Elektro.  Tahap diskusi 4 pilar ristek menjelaskan berbagai macam bentuk penelitian yang ada dilingkup universitas, dijelaskan pula apa perbedaan KTI dan PKM, bagaimana tahapan yang harus dilakukan untuk membuat PKM, serta dituturkan pula manfaat PKM dan lain sebagainya. Tahap sharing motivation yang dibimbing oleh M. Nur Sholeh lebih menekankan pada aspek konsekuensi dan keyakinan yang telah dipilih adalah jalan menuju sebuah kesuksesan. Dan pada sesi sharing teknologi mengundang Antarwirya, Dipovil, dan URDC (Undip Robotics Development Centre)

Hal yang menarik dari GORe tahun ini adalah adanya turut serta BEM FT serta dukungan penuh dari pihak Dekanat yang menginginkan  prestasi yang lebih membanggakan terutama dibidang riset. “Memperkenalkan riset terutama basic research terhadap mahasiswa baru, memotivasi maba supaya mereka berprestasi dan menghasilkan karya selama mereka menjadi mahasiswa.”ujar Iqbal Ambari, ketua acara GORe.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 11.30 WIB dan juga diakhir acara diumumkan pemenang kategori, yaitu; jurusan terpagi adalah Teknik Indusri, jurusan teraktif adalah S1 Teknik Mesin, jurusan terheboh adalah S1 Teknik Sipil, dan jurusan terGORe jatuh kepada S1 Teknik Sipil. Mahasiswi jurusan S1 Teknik Elektro, Mutiara Diani Utami mengungkapkan antusiasme-nya dalam mengikuti kegiatan ini. “Waktu saya datang tentunya excited banget, bakal banyak dapet wawasan yang diperoleh setelah mengikuti acara ini, seperti motivasi, PKM, dan lainnya. Suka sekali dengan acara ini, kalu ada acara seperti ini lagi saya akan datang dan mendengarkan supaya dapat ilmu lagi ”ungkapnya. (Marie/Momentum)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

adminSeptember 16, 2020

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

adminAugust 17, 2020

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018