Event

ODM FT 2016, Ajang Mahasiswa Baru Memunculkan Semangat Berprestasi

ODM FT 2016, Ajang Mahasiswa Baru Memunculkan Semangat Berprestasi

This slideshow requires JavaScript.

Sabtu (13/8/15) Gedung Prof. Sudharto nampak dipenuhi oleh mahasiswa baru Fakultas Teknik angkatan 2016 yang berkumpul dalam rangka mengikuti Orientasi Diponegoro Muda (ODM) FT 2016. Kegiatan penyambutan mahasiswa baru di Fakultas Teknik ini merupakan salah satu rangkaian acara dari proses Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro. Bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru Fakultas Teknik seluruh kegiatan mahasiswa yang ada di lingkungan Undip, khususnya Fakultas Teknik.

Menurut Dr.Ir.Budiyono selaku Pembantu Dekan I Fakultas Teknik, ODM FT ini juga ditujukan sebagai sarana untuk memunculkan semangat mahasiswa baru dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki. “Luar biasanya kegiatan ini dapat menimbulkan pancingan terhadap mahasiswa baru untuk kemudian menunjukannya prestasinya, potensi ini harus kita gali bersama-sama. Nah inilah tantangan bagi BEM, Senat, Himpunan, dan bagi pihak dekanat sendiri untuk terus mengembangkan semua potensi yang dimiliki mahasiswa baru,” ujar beliau.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, rangkaian acara dalam ODM FT 2016 ini tidak hanya meliputi berupa penjelasan materi pengenalan Fakultas Teknik dan memotivasi mahasiswa baru dengan menghadirkan alumni sukses saja. Namun, ODM FT tahun ini juga memberikan materi mengenai pancasila. M. Austin Al Ghifari selaku ketua BEM FT berpendapat bahwa dengan adanya materi mengenai pancasila ini diharapkan agar ODM FT 2016 bukan hanya sekedar formalitas seremonial penyambutan saja. Melainkan acara ini juga diharapkan dapat memperbaiki pemahaman mahasiswa baru mengenai pancasila dan penerapannya dalam kehidupan kampus.

Ketua acara ODM FT 2016, Reza Rahmadani dari Teknik Elektro angkatan 2014, menuturkan bahwa hal yang menarik dan berbeda dari ODM FT tahun ini adalah adanya pembuatan mozaik oleh mahasiswa baru bertuliskan PMB FT yang dapat meningkatkan antusias mahasiswa baru dalam mengikuti kegiatan tersebut. “Dalam pelaksanaanya, kendala yang dihadapi panitia lebih ke masalah persiapan panitia, karena dari dekanat telah mengalami perbedaan struktur organisasi. Memang dari dekanat sendiri persiapannya lama, jadi persiapan dari panitianya juga jadi agak molor,” tutur Reza menjelaskan kendala yang dihadapi.

Mahasiswi baru Program Studi D3 Teknik Kimia, Chntya Dewi Hapsari mengungkapkan antusiasme-nya dalam mengikuti kegitan ini. “Kegiatannya seru, menyenangkan, memotivasi banget, dan memberikan wawasan lebih mengenai Fakultas Teknik,” ungkapnya.

Terkait dengan kelanjutan setelah rangkaian acara PMB ini, Dr.Ir.Budiyono menjelaskan bahwa, akan diberlakukan sistem dua bulan mahasiswa steril dari kegiatan kaderisasi. Sistem yang baru dicanangkan tahun ini tersebut, menurut beliau ditujukan agar mahasiswa baru dapat fokus untuk kuliah dan menjalani proses penyesuaian terlebih dahulu. “Kaderisasi merupakan sebuah keniscayaan. Jadi intinya kaderisasi merupakan pembinaan sumber daya mahasiswa yang akan berjalan sepanjang masih menjadi mahasiswa,” ujar beliau.

Selain itu beliau juga memastikan bahwa untuk kegiatan ODM FT tahun ini terbebas dari adanya perploncoan. “Saya mengajak pada mahasiswa agar memakai logika yang baik, sehingga kalau tujuannya baik maka metode yang kita gunakan haruslah baik,” ujar beliau menambahkan.

“Harapannya mahasiswa baru dapat menempuh studi secara maksimal, lama studi sesingkat mungkin, IP setinggi mungkin, namun kegiatan softskill sebanyak mungkin. Sehingga nanti akan menjadikan dia mendapatkan outcome yang bagus. Dan ujungnya dalah daya saingnya akan meningkat sehingga akan mudah diserap oleh masyarakat,” tutup Dr.Ir.Budiyono.

(Momentum/ Ikrima dan Zazan)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019

Dari Puan Hingga Vidi, Penutupan ODM Undip Hadirkan Nuansa Toleransi dan Persatuan

adminAugust 19, 2019