Teknik

Press Release PMB Jurusan di Fakultas Teknik

Press Release PMB Jurusan di Fakultas Teknik

image001

Q : Apa perbedaan PMB tahun lalu dengan tahun ini?

A :

  • “Perbedaan di tahun ini ialah pada jangka waktu yang lebih singkat. Tahun lalu PMB berlangsung selama empat hari dan tahun ini berlangsung selama tiga hari,” ujar Amir, S1 Teknik Mesin.
  • “Perbedaanya ialah terbentuknya komisi disiplin sebagai pemertegas untuk mahasiswa baru,”ujar Ila, D3 Teknik Arsitektur.
  • “Mungkin sedikit perbedaan tahun ini terdapat materi tata cara belajar di Teknik Industri dan Campus Life,” ujar Eki, S1 Teknik Industri.
  • “Kalau di S1 Teknik Perkapalan sendiri tidak banyak jauh berbeda dengan tahun lalu,perbedaannya hanya pengenalan kampus diawal, dan materi PMB hanya dilakukan dua hari, atau bisa dibilang sangat singkat,” ujar Ervin Hilmy Rivaldy, S1 Teknik Perkapalan.
  • “Para mahasiswa baru langsung masuk ke kelas,” ujar Andre Nugroho, S1 Teknik Geodesi.

Q : Apakah konsep yang diangkat panitia pada PMB tahun ini?

A :

  • “Tahun ini, S1 Teknik Arsitektur mengusung Tema “Anggit Anggo Angglang Arsitektur” yang berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti gagasan arsitektur yang berguna nyata, sedangkan acara ini mengusung nama Danadyaksa yang berarti penjaga kejayaan,” ujar Wicaksena, S1 Teknik Arsitektur.
  • “Pada PMB tahun ini mengangkat tema Laskar Mahasiswa Harapan Dunia atau disingkat menjadi Laksamana,” ujar Rama, D3 Teknik Elektro.
  • “Tahun ini mengangkat tema “Ready to be Good an Engineer” dalam upaya menciptakan mahasiswa yang bersikap baik di lingkungannya,” ujar Adhitya Nugraha, D3 Teknik Sipil.
  • “Tahun ini tema secara garis besar yaitu ‘Welcoming Party Maba’ dan konsep kali ini ingin memperkenalkan keseluruhan kakak tingkat dan melibatkan semua yang ada di jurusan,” ujar Harits Fathuddin, S1 Sistem Komputer.
  • “Untuk konsep tahun ini ialah tentang karakter mahasiswa Teknik Lingkungan yang cinta lingkungan, serta dekorasi yang dibuat dengan konsep permasalahan–permasalahan lingkungan sehingga dari dekorasi tersebut diperlihatkan perbedaan lingkungan tercemar dan lingkungan yang masih baik,” ujar May Setya Restifani, S1 Teknik Lingkungan.

Q : Apa tanggapannya tentang sistem kaderisasi tahun ini?

A :

  • “Materi kaderisasi tetap mengikuti peraturan Dekanat, namun tidak sepenuhnya mengambil seluruh materi TOT, dikarenakan waktunya yang kurang mencukupi,” ujar Arif Wildan Hakim, D3 Teknik Mesin.
  • Terkait sistem kaderisasi, kami menghargai keputusan Dekanat, maka dari itu pihak PSDM telah menyiapkan dua opsi apabila dua bulan steril dicanangkan atau tidak,” ujar Thesya, D3 Teknik Kimia.
  • “Terkait batasan mengenai proses pengkaderan, kami tetap jalani sesuai aturan yang ada tetapi kami memiliki konsep agar mahasiswa baru tetap tidak luput dari proses pendidikan karakter dari jurusan,” ujar Rizal, S1 Teknik Sipil.
  • “Kaderisasi diperlukan guna mahasiswa baru dapat berkembang dan lebih menjurus ke ristek. Terkait dua bulan steril, hal itu dapat menghambat kedekatan kakak tingkat dengan mahasiswa barunya,” ujar Iqwahyu Lubis, D3 Teknik Perkapalan.
  • Secara umum mereka akan menjalankan agenda yang sudah ditentukan oleh fakultas akan tetapi merasa keberatan karena sulit menanamkan nilai nilai yang sudah menjadi budaya di Teknik Geologi,” ujar Naufal, S1 Teknik Geologi.

Q : Apa harapan dan pesan kesan untuk mahasiswa baru 2016 dalam PMB tahun ini?

  • Mahasiswa baru dapat segera beradaptasi dengan lingkungan kampus dan memiliki nilai nilai budi luhur pangeran Diponegoro,” ujar Bu Retnoselaku dosenS1 dan D3 Perencanaan Wilayah dan Kota.
  • “Harapannya mahasiswa baru 2016 bisa lebih baik dibanding angkatan–angkatan sebelumnya,” ujar Bambang, S1 Teknik Kimia.
  • “Semoga para cah teknik tahun 2016 bisa mengembangkan kemampuan dirinya secara positif dan maksimal. Karena sejatinya dunia perkuliahan adalah ekplorasi dunia tanpa batas. Kembangkan potensi, gapailah mimpi. Untuk Undip lebih berprestasi,” ujar M.Alvin Ridho, S1 Teknik Elektro.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018