Teknik

Ada Apa dengan Masjid Baitul ‘Ilmi FT Undip ?

Ada Apa dengan Masjid Baitul ‘Ilmi FT Undip ?

mjd

Bangunan Masjid Baitul ‘Ilmi Fakultas Teknik yang berada dibarat  Gedung Dekanat Fakultas Teknik bertempat di Kampus Undip Tembalang, Semarang, akan diperluas. Perluasan bangunan masjid Baitul Ilmi memakan lahan sekitar ± 5 meter dari bangunan.

Perluasan tersebut tampak pada bagian sisi barat masjid. Perluasan ini memotong jalur paving blok yang biasa digunakan untuk hilir mudik mahasiswa dan dosen, terutama dari dan ke arah Gedung Dekanat menuju Teknik Kimia. Tujuan diadakannya proses perluasan adalah untuk dapat  menanpung lebih banyak jamaah muslim Fakultas Teknik dan juga untuk memenuhi kesejahteraan mahasiswa dalam beribadah, dimana pada bangunan sebelumnya dirasa terlalu kecil untuk dapat menampung mahasiswa muslim Fakultas Teknik.

Berkaitan dengan sumber dana yang diperoleh, pihak Dekanat melakukan kerjasama dengan pihak ketiga. “Dana bukan dari Dekanat, kebetulan kita punya mitra dengan pihak ketiga dan mereka bersedia membangun disitu (Masjid Baitul Ilmi), dan kita menerimanya dalam bentuk barang atau bangunan jadi. Sumber anggaran  berasal dari pihak ketiga dan kontraktor juga berasal dari pihak ketiga. Jadi mereka kesini tinggal mengajukan ijin saja,” ucap Bapak Bayu Prasetyo, S.Kom selaku Kepala Sub Bagian Umum & Perlengkapan Fakultas Teknik.

Proses perluasan sendiri dilakukan pada saat libur semester genap tahun ajaran 2015/2016 atau bertepatan dengan pasca hari raya Idul Fitri. Hingga saat ini, proses perluasan masih 50% berlangsung. Sejumlah tiang yang nantinya akan menopang bangunan baru juga sudah terbentuk. Tidak hanya perluasan masjid Baitul Ilmi saja, nantinya akan ada fasilitas tambahan seperti taman dan juga hotspot area.

“Rencana selesai akhir bulan oktober, nantinya bangunan tersebut akan menyambung menjadi satu dengan taman untuk mahasiswa, dan juga akan disediakan satu titik hotspot yang nantinya akan memanjakan mahasiswa untuk semakin rajin beribadah,” Ujar Pak Bayu. (Momentum/Selli)

 

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018