Prestasi

Goresan Prestasi Sastra dari Sebuah Hobi

Goresan Prestasi Sastra dari Sebuah Hobi

pokkk

Sebuah prestasi  kembali ditorehkan oleh salah satu mahasiswi Universitas Diponegoro yakni, Arsy Novitasary atau dikenal dengan Arsy. Ia berhasil menorehkan prestasinya di Pekan Seni Mahasiswa Daerah Jawa Tengah XIII  tahun 2016. Acara tersebut diadakan secara rutin dua tahun sekali diikuti oleh delegasi dari Perguruan Tinggi.

Arsy Novitasary dari jurusan Teknik Kimia angkatan 2013 telah berhasil menyabet juara 1 Lomba baca Puisi di Pekan Seni Mahasiswa Daerah Jawa Tengah yang ke -XIII  tahun 2016 dimana dilaksanakan di Kudus, tepatnya di Universitas Muria Kudus tanggal 27 dan 28 Agustus 2016 lalu. Alur yang cukup panjang harus dilewati Arsy, ia harus mengikuti tahap seleksi di tingkat universitas yakni Universitas Diponegoro dibidang monolog dan lomba baca puisi, dan dari kedua bidang yang dia ikuti, pada bidang monolog dia berhasil menyabet juara 3 sedangkan dibidang lomba baca puisi dia menyabet juara 1 tingkat  universitas, hingga akhirnya dialah yang didaulat untuk mewakili Undip dalam bidang lomba membaca puisi di Pekan Seni Mahasiswa Daerah Jawa Tengah.

Berawal dari hobi semasa SMA, Arsy gemar dan tertarik dalam bidang sastra, baik membaca puisi, monolog atau lakon, dia pun tergabung dalam Komunitas Pencinta Seni Sastra Purworejo (KOPISISA)  sejak SMA. Dia pun juga sering mengikuti perlombaan- perlombaan salah satunya adalah festival seni tingkat nasional tingkat SMA, serta selain itu dia juga mengikuti Festival Sastra UGM tingkat Internasional dan mendapatkan peringkat 4 terbaik. “Dari diawal aku itu lebih ke seorang permbaca puisi  bukan seorang penulis, tapi semakin kesini ya  aku  makin cobacoba menulis terus kemarin  sering  banget diminta tolong untuk menulis puisi, entah itu puisi untuk acara –acara entah itu puisi buat pmb-pmb,” ujarnya ketika ditanya mengenai penulisan puisi.

Persiapan yang dilakukan Arsy  sebelum menghadapi perlombaan di Jawa Tengah adalah dia kembali ke Purworejo untuk berlatih bersama penyair – penyair di Purworejo, dan hal yang pertama yang dilakukannya adalah memahami makna dari puisi itu sendiri, serta menjaga vocal dan kesehatannya. Menurutnya pada bulan Oktober akan dilaksanakan kelanjutan dari Peksimida Jateng yakni dilaksanakan tingkat Nasional bertempat di Kendari.  “Harapannya, Jateng mendapat juara umum,” ujarnya. (Momentum/Dhila)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

MAWAPRES BUKAN STANDAR TERTINGGI MELAINKAN HADIAH KERJA KERAS

adminApril 28, 2019

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Mahasiswa FT Undip Ciptakan Pengganti Solar dari Minyak Jelantah

adminNovember 16, 2018

Mahasiswa Undip Lakukan Diagnosis Performa Hitung melalui Test of Second Mathematic (ToSM)

adminJune 5, 2018

Kesibukan Bukan Penghalang Untuk Berprestasi

adminMarch 26, 2018

Mahasiswa FT Undip peraih 1st Runner Up Debate Competition dalam ajang PELTAC: Membuka Relasi, Mengukir Prestasi

adminFebruary 3, 2018