Ristek

SHERPA Teknik Geodesi Undip Petakan Jalur Pendakian Gunung Merbabu

SHERPA Teknik Geodesi Undip Petakan Jalur Pendakian Gunung Merbabu

serpha

Sabtu (17/09), Mapala SHERPA Teknik Geodesi Undip telah mengadakan ekspedisi ke Gunung Merbabu. Ekspedisi ini dilakukan dalam rangka pemetaan jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting-Selo. Hasil dari ekspedisi ini nantinya berupa peta yang akan disumbangkan ke basecamp pendakian yang ada di Suwanting dan Selo serta kepada warga sekitar Gunung Merbabu.

Ekspedisi ini dilakukan oleh tim yang beranggotakan delapan orang. Diantara delapan orang tersebut terdapat empat orang anggota SHERPA, yaitu Jorgie, Lukman, Riski, dan Risa, serta empat orang anggota muda SHERPA yaitu Aldin, Eka, An Nisa, dan Puspita. Selain tim tersebut, terdapat juga empat tim lainnya yang telah melakukan ekspedisi ke beberapa gunung di Jawa Tengah, seperti Gunung Lawu dan Gunung Merapi. Peta hasil dari ekspedisi ini selain disumbangkan akan digunakan juga untuk keperluan navigasi darat dan bahan referensi dalam persiapan mendaki gunung.

Tim ekspedisi ini berangkat menuju basecamp pendakian Gunung Merbabu melalui jalur pendakian Suwanting pada hari Jumat (18/09) pukul 18.00 WIB. Kemudian tim ini memulai pendakian keesokan harinya pukul 05.40 WIB dan tiba di basecamp pendakian Selo pada Sabtu (19/09) pukul 13.30 WIB. “Faktor penghambat saat tim kami menjalankan ekspedisi adalah track jalur Suwanting yang licin dan susah didaki. Hal ini terjadi akibat hujan badai di malam sebelum kami mendaki yang menerpa sekitar jalur pendakian Suwanting yang terkenal lumayan terjal,” jelas Jorgie selaku team leader ekspedisi Gunung Merbabu ini.

Jorgie juga berharap agar kedepannya Mapala SHERPA Teknik Geodesi Undip dapat menyelesaikan rangkaian ekspedisi pemetaan jalur pendakian tujuh gunung yang ada di Jawa Tengah. Output yang dihasilkan pun semoga dapat berguna bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan. (Momentum/An Nisa)

 

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ristek

More in Ristek

Pembangkit Listrik Independen Tenaga Bubble Gagasan Mahasiswa Undip

adminAugust 16, 2020

Info SSO (Single Sign On)

adminMay 24, 2019

Pemanfaatan Sampah Anorganik dengan Hidroponik dan Inovasi Olahan Sayur Sebagai Program Multidisiplin KKN Tim II Desa Nglondong

adminAugust 24, 2018

Batulempung & Zeolite, Terobosan Baru Penjernih Air Kapur di Desa Kedungringin

adminAugust 24, 2018

Briket Sekam Padi sebagai Alternatif Pengolahan Limbah Padat Sekam Padi di Desa Gunung Tumpeng

adminAugust 20, 2018

Alat Penembak Drone Ilegal Buatan Mahasiswa UNDIP

adminJune 14, 2018