Teknik

Kampanye Pemira FT: Teknik Kimia “Figuritas Calon Kabem dan Wakabem”

Kampanye Pemira FT: Teknik Kimia “Figuritas Calon Kabem dan Wakabem”

tekkim
Rabu (26/10/2016) telah dilaksanakan kampanye Pemira FT di Teknik Kimia, tepatnya di lapangan volli Teknik Kimia. Acara yang dibuka dengan sambutan dari Ketua KPR ini mengalami kendala hujan sehingga acara tidak mulai tepat waktu, serta kendala sound system yang mengakibatkan kurang terdengarnya suara dari kedua belah pihak.

Kampanye dilanjutkan dengan pemaparan visi misi serta program unggulan oleh para Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua BEM FT 2017 dengan menggunakan jas laboratorium berlogo HMTK yang merupakan budaya dari Teknik Kimia pada saat kampanye Pemira BEM FT. Kesempatan untuk memaparkan visi misi diberikan kepada calon pasangan nomor urut satu, Faishol-Aria kemudian dilanjutkan dengan pasangan nomor urut dua, Badar-Yudha. Perbedaan terjadi pada saat pasangan calon nomor urut dua memaparkan visi misinya. Calon Ketua BEM FT nomor urut dua ini yaitu Badar yang merupakan mahasiswa Teknik Kimia menyerukan jargon Teknik kimia diawal pemaparan disambut dengan semangat dan lantang oleh mahasiswa Teknik Kimia yang datang menyaksikan.

Setelah pemaparan visi misi para calon, acara dilanjutkan dengan tiga sesi tanya jawab dimana masing-masing sesi diberi waktu 20 menit. Pada sesi pertanyaan pertama, yang paling menonjol adalah pertanyaan mengenai ristek, dimana para calon dianggap kurang memiliki pengalaman di bidang ristek. Jawaban dari kedua calon hampir sama, dimana mereka berencana untuk membuat PKM Center yang berkolaborasi dengan FST untuk mengatasi masalah pendanaan, pelatihan, pembinaan, dan masalah lain yang mungkin dihadapi oleh mahasiswa yang lolos seleksi Pimnas.

Disaat yang sama, latar belakang mereka dalam mendaftar menjadi pimpinan BEM FT 2017 juga dipertanyakan. Untuk pasangan calon nomor satu, mereka menjawab bahwa rasa kemauan dan kepedulian mereka yang melatarbelakangi tekad mereka sebagai Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua BEM FT 2017. Sedangkan latar belakang pasangan nomor urut dua adalah rasa peduli.

Pada sesi pertanyaan kedua, salah satu pertanyaan menyinggung tentang organisasi di Teknik Kimia. Pasangan nomor urut satu dapat menjawab berserta dengan prestasi-prestasi yang diraih oleh Teknik Kimia. Namun pada saat yang bersamaan ada tanggapan dari Ketua Umum HMTK 2016 bahwa dirinya merasa tidak pernah diajak berdiskusi oleh pasangan calon nomor satu dalam rangka mengenal HMTK. Karena kejadian itu, suasana sempat memanas dan mahasiswa Teknik Kimia meminta kedua pasangan calon untuk melepas jas lab yang mereka pakai, karena disana terdapat logo HMTK dan dianggap tidak memahami esensi dari budaya pemakaian jas lab.

Menurut Dimas Akbar Ramdani selaku Ketua Umum HMTK 2016 mengatakan bahwa sebenarnya esensi dari permintaan penggunaan jas lab yang kemudian diminta paksa untuk dilepas adalah untuk menekankan kepada kedua calon mengenai figuritas calon Kabem dan Wakabem FT. Karena untuk mengenal sebuah jurusan, bukan hanya dengan memakai atribut dari jurusan tersebut melainkan dengan banyak cara salah satunya ialah diskusi.

Pada sesi pertanyaan ketiga, pertanyaan yang dilontarkan hanya satu dikarenakan keterbatasan waktu, yaitu pertanyaan tentang kaderisasi. Pasangan nomor urut dua menjawab bahwa hasil dari kaderisasi teknik itu berkualitas, dan mereka berani untuk tetap mengadakan kaderisasi. Mereka juga menyatakan bahwa mereka telah bertemu dengan Bapak Dekan FT untuk membahas tentang masalah kemahasiswaan yang ternyata disambut dengan baik oleh Bapak Dekan FT. Begitupula dengan pasangan nomor urut satu yang menyatakan bahwa pihak Dekanat berjanji untuk menyosialisasikan kepada HMJ hal-hal terkait dengan mahasiswa. Apabila dari pihak mahasiswa tidak setuju terkait dengan kebijakan tersebut, maka akan diadakan konsolidasi untuk menolaknya.

Kampanye sempat ditunda karena pihak dari mahasiswa Teknik Kimia meminta untuk memberi jeda sholat maghrib, hingga kemudian kampanye dilanjutkan kembali pada pukul 18.15 WIB hingga pukul 18.40 WIB. (Momentum/Zazan)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018