Teknik

Perkembangan Organisasi Sekolah Vokasi

Perkembangan Organisasi Sekolah Vokasi

Warga Fakultas Teknik Universitas Diponegoro sudah tidak asing lagi mendengar mengenai istilah sekolah vokasi. Namun pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak pertanyaan yang muncul dan belum mendapatkan kejelasan mengenai isu dari berita tersebut. Untuk itu, isu yang beredar mengenai sekolah vokasi sangat perlu dikaji dengan benar agar tidak membuat semakin banyak warga Fakultas Teknik penasaran akan kebenaran beritanya terutama mengenai perkembangan organisasi Sekolah Vokasi nantinya.

Ahmad Baikuni Perdana selaku Ketua Bidang Harmonisasi Kampus BEM Undip menjelaskan bahwa peran Harkam terhadap pekembangan Sekolah Vokasi khususnya dalam perkembangan organisasi adalah sebagai fasilitator. Dalam pembentukan sekolah vokasi terdapat forum Komunikasi dan Tim Formatur dimana Forum Komunikasi terdiri dari Ketua Himpunan dan Ketua BEM Fakultas yang ada D3. Sedangkan Tim Formatur bertugas untuk membuat konsep pembentukan Ormawa Sekolah Vokasi itu sendiri. Harkam BEM Undip termasuk kedalam kedua forum tersebut juga yang menjembantani antara Forum Komunikasi dan Tim Formatur seperti apa saja yang diperlukan oleh Tim Formatur dan Forum Komunikasi dari pihak Harkam BEM Undip yang menyediakan. Dalam pembentukan Sekolah Vokasi secara konsep tidak murni hanya dari Harkam BEM saja karena memang bukan sebagai konseptor tetapi sebagai fasilitator. Sedangkan yang menjadi konseptor adalah Tim Formatur dan yang akan menyepakatinya yaitu Tim Komunikasi.

“Untuk perkembangan pembentukan Ormawa Sekolah Vokasinya sudah berdiskusi dengan teman-teman Fakultas dan D3 dan disepakati akan membentuk Ormawa Sekolah Vokasi dan untuk progres sendiri Forum Komunikasi dan Tim Formatur juga sudah dibentuk dan sekarang Tim Formatur sudah mulai membuat konsep dan diawal november akan diadakan rapat dengan Forum Fomunikasi untuk menyepakati konsep yang telah dibuat oleh Tim Formatur. Sekarang adalah masanya Tim Formatur untuk bekerja menyusun konsep dan harapannya dipertengahan November Ormawa Sekolah Vokasi secara konsep itu udah matang jadi dipertengahan akhir bulan November menjadi waktu  untuk mengawasi berjalannya Ormawa Sekolah Vokasinya itu sendiri,” ujar Baikuni menyikapi pertanyaan mengenai perkembangan dari sekolah vokasi khususnya organisasinya (BEM).

Berbicara mengenai organisasi tentunya sangat penting dicanangkan untuk adanya BEM vokasi dimana ada wacana jikalau organisasi mahasiswa D3 sudah tidak di naungi oleh BEM Fakultas Teknik itu sendiri meskipun memang belum ada dasar secara tertulis. “Mendengar dari pernyataan Pak Sus selaku Staff kemahasiswaan di Fakultas Teknik dan juga saya sempat ngobrol dengan Pak Budi selaku Wakil Dekan I Fakultas Teknik. Pak Budi mengatakan memang secara keuangan untuk kegiatan mahasiswa D3 sudah tidak dianggarkan lagi di Dekanat FT dan dalam arti lain organisasi kemahasiswaan D3 di Teknik memang dituntut sudah lepas dari Fakultas Teknik terutama mungkin diawal tahun depan meskipun memang di Fakultas lain itu belum sejelas Fakultas Teknik dalam pemisahan ormawanya dan misalnya kalau tahun depan Ormawa Sekolah Vokasi belum dibentuk, tahun depan Himpunan Mahasiswa D3 dinaungi oleh siapa,” sahut Baikuni.

Untuk lingkup konsep dari Ormawa Sekolah Vokasi terdapat 4 point yang didapat, yaitu :

  1. Hirarki struktur organisasi tetapi struktur organisasinya tidak mengonsep secara internal (BEM Sekolah Vokasi terdiri dari bidang apa saja) tetapi lebih fokus pada BEM dan Senat mahasiswa Sekolah Vokasi. Dibawah BEM sekolah vokasi itu apakah ada himpunan tingkat Departement atau langsung ke Program Studi, apakah ada 3 hirarki atau langsung 2 hirarki saja seperti fakultas lain.
  2. Mengonsep Dasar oprasional Organisasi dan gambaran outputnya rancangan PPO atau Pedoman Pokok Organisasi baik untuk BEM atau Badan Legislatis serta UPK meskipun UPK ditahun depan belum terbentuk.
  3. Sistem pemilihan ketua BEM dan sistem pendelegasian untuk Senat mahasiswa Sekolah Vokasi terutama untuk tahun ini warga sekolah vokasi mengalami masa transisi di bidang kegiatan kemahasiswaan dan mengkonsep pemilihan Ketua BEM dan Senat sesuai dengan keadaan dimasa transisi D3 yang sekarang ini.
  4. Koordinasi secara atministrasi dan keuangan baik itu di internal organisasi dalam arti antara BEM dan Senat UPK juga himpunan Prodi atau himpunan Departemen juga di konsep bagaimana administrasi keuangan ke eksternal jadi antara Ormawa sekolah Vokasi dengan birokrasi di Sekolah Vokasinya itu sendiri.

Sejauh ini progres dinilai dari konsep masih 20% karena memang pertemuan Tim Formatur masih 3 kali dan melalui pertemuan rapat itu masih membahas mekanisme untuk mengkonsep dan akan diadakan 2 kali pertemuan lagi dan benar-benar mengkonsep secara matang. Untuk target dari terselesaikannya BEM Sekolah Vokasi adalah diakhir tahun sudah terbentuk dan diawal tahun depan Ormawa Sekolah vokasi diharapkan sudah berjalan. Tak lepas terdapat pelopor dalam pembentukan BEM Vokasi dimana yang menjadi pelopor adalah mahasiswa D3 yang merasa ketidakjelasan perkembangan Sekolah Vokasi. Dari BEM Harkam yang mengawal perkembangan Sekolah Vokasi juga merasakan bahwa perkembangan Sekolah Vokasi terus dipantau dan masih dalam masa transisi jadi masih banyak yang berubah.

Dari maraknya isu mengenai sekolah vokasi ini tentu terdapat harapan di dalamnya. “Harapan untuk Ormawa Sekolah Vokasi tahun depan bisa berjalan dan bisa menghadapi massa transisi terlebih dahulu juga untuk tahun-tahun berikutnya dalam keberjalanan Ormawa Sekolah Vokasi untuk ada yang kurang bisa di perbaiki dan bisa lebih stabil”, Ujar Baikuni.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018