Teknik

Debat Terbuka Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua BEM FT 2017

Debat Terbuka Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua BEM FT 2017

12

Menindaklanjuti kampanye kedua Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua BEM FT 2017, telah dilaksanakan debat terbuka (4/11/2016) di open theater Fakultas Teknik yang dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Teknik. Debat ini dimoderatori oleh Azis selaku Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik. Ada empat pokok pembahasan yang ditanyakan kepada kedua Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua BEM FT tersebut, yaitu sinergisitas antar lembaga di Fakultas Teknik, kaderisasi sumber daya manusia, kaderisasi ristek, dan Sekolah Vokasi.

Mengenai pokok bahasan pertama yaitu sinergisitas antar lembaga di Fakultas Teknik, moderator menanyakan persoalan tentang langkah konkrit yang akan dilakukan kedua calon untuk mensinergiskan antar lembaga di Fakultas Teknik. Calon nomor urut 1  menjelaskan bahwa langkah konkrit yang akan mereka lakukan adalah dengan mengedepankan komunikasi dengan mengatur waktu untuk pelaksanaan proker-proker antar lembaga serta menyampaikan program terlebih dahulu ke pihak birokrat agar kegiatan lancar dan terlaksana bersama. Dilanjutkan dengan calon nomor urut 2 memaparkan bahwa langkah konkrit yang akan mereka lakukan adalah dengan melanjutkan kepengurusan BEM FT, sinkronisasi timeline setiap dua atau tiga bulan sekali serta dengar pendapat dekan yang akan menumbuhkan komunikasi agar lebih sepakat kedepanya.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua BEM Fakultas Teknik yang diawali dengan pertanyaa calon nomor urut 2 ke calon nomor urut 1 yaitu mengenai cara kolaborasi program kerja menurut calon nomor urut 1. Calon nomor urut 1 menjawab dengan kolaborasi program kerja seperti program mangrove yang merupakan gabungan dari Teknik Lingkungan dan D3 Mesin kemudian mengadakan diskusi rumpun untuk semusa bidang keilmuan dimana rumpun diskusi tergantung pada isu yang dikaji.

Bahasan dilanjutkan mengenai kaderisasi sumber daya mahasiswa. Diawali dengan calon nomor urut 2 yang menjawab bahwa mereka akan membuat konsep kaderisasi di tiap jurusan serta berdiskusi langsung dengan birokrasi tiap semester. Begitu pula dengan calon nomor urut 1 memaparkan bahwa akan menerapkan konssep follow your passion serta membangun adanya keterbukaan. Dilanjutkan dengan pertanyaan calon nomor urut 1 ke calon nomor urut 2 yang menanyakan tentang penanggulangan sterilisasi dua bulan pada kaderisasi, calon nomor urut 2 memaparkan bahwa kaderisasi akan dikemas dalam waktu singkat dengan adanya pendampingan dan terus dikomunikasikan.

Memasuki topik yang ketiga mengenai bagaimana tingkat keefektifan kaderisasi riset di Fakultas Teknik, calon nomor urut 1 menjelaskan bahwa akan meningkatkan buku hijau yang akan dimaksimalkan di dalam PKM, Mawapres, LKTI maupun event lainya. Calon nomor urut 2 menjelaskan bahwa akan meningkatkan implementasi wadah yang sudah ada di jurusan dan menggunakan frame yang sama.

Sebelum masuk ke topik keempat, hujan mulai turun sehingga acara debat terbuka berpindah  ke PKM FT. Hujan deras diluar ruangan tidak menghalangi antusiasme mahasiswa meneruskan debat terbuka ini. Masuk topik keempat mengenai keikutsertaan serta porsi bagi mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 D3 Fakultas Teknik dalam BEM FT 2017, calon nomor urut 2 memaparkan bahwa akan mewadahi serta memberikan bimbingan kepada mahasiswa D3 Fakultas Teknik sehingga siap untuk membentuk organisasi mahasiswa di sekolah vokasi. Calon nomor urut 1 juga menjelaskan bahwa akan tetap mengikutsertakan mahasiswa D3 Fakultas Teknik dalam kepengurusan BEM FT agar siap di sekolah vokasi kelak.

Debat ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang hadir untuk memberikan pertanyaan, seperti mengenai langkah yang akan diambil jika terjadi masalah yang timbul diluar rencana contohnya kenaikan UKT dan SPI. Calon nomor urut 1 memaparkan bahwa akan mengkaji masalah dari luar terlebih dahulu dengan mengumpulkan teman-teman himpunan untuk berdiskusi dan secara internal akan adanya keterbukaan lebih, serta melihat kebijakan dekanat terlebih dahulu untuk tahun 2017. Calon nomor urut 2 menjawab bahwa untuk mengatasi masalah dari luar, mereka akan memaksimalkan kinerja Bidang Sosial Politik agar cepat dan tanggap, serta membentuk diskusi khusus seperti Saung Sore yang dihadiri oleh seluruh himpunan. (Momentum/Astrid)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018