Event

Semarak Satu Teknik 2016 : Acara Anak Teknik Undip, Penggabungan Ristek dan Mikat

Semarak Satu Teknik 2016 : Acara Anak Teknik Undip, Penggabungan Ristek dan Mikat

Selasa (22/11/2016), untuk kedua kalinya telah diselenggarakannya acara Semarak Satu Teknik. Acara yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Teknik ini mengusung perpaduan antara Bidang Ristek dengan Bidang Mikatan dengan dua rangkaian acara yakni Riset Expo dan Engineering Festival. Riset Expo sendiri dilaksanakan dari pukul 16.30 WIB dengan dimeriahkan stand-stand yang di isi oleh riset karya himpunan dari berbagai jurusan di Fakultas Teknik. Antusiasme mahasiswa yang cukup tinggi terlihat dari jumlah pengunjung stand yang ramai, baik hanya untuk melihat-lihat isi stand ataupun vote jurusan masing-masing untuk mendapatkan penghargaan sebagai The Best Expo.

Seperti  yang di utarakan oleh Afif Iskayana dari jurusan D3 Teknik Mesin angkatan 2015, bahwa selain untuk memamerkan apa yang ada di tiap jurusan, acara ini berfungsi juga untuk meningkatkan relasi antar jurusan sehingga kedekatan antar jurusan semakin baik.

Pada malam harinya,sekitar pukul 20.00 WIB di selenggarakan Engineering Festival. Acara ini sendiri ditujukan untuk memberikan penghargaan kepada pemenang berbagai awarding kelembagaan seperti riset terbaik dan peserta yang sudah berlomba di Undip Games. Hiruk pikuk penonton terlihat menjelang pengumuman pemenang dari masing-masing kategori penghargaan. Hasilnya ialah kategori The Best Research dimenangkan oleh jurusan S1 Teknik Kimia dan The Most Favourite Research jatuh pada jurusan S1 Teknik Sipil. Jurusan S1 Teknik Sipil juga memenangkan kategori PSDM Terbaik. Selain itu S1 Teknik Mesin mendapatkan kemenangan pada kategori Kesma Terbaik, D3 Teknik Mesin sebagai Hubungan Luar Terbaik dan banyak kategori lainnya yang dimenangkan oleh jurusan-jurusan di Fakultas Teknik.

Engineering Festival juga menampilkan penampilan dari UKM Seni Fakultas Teknik guna mengetahui perkembangan UKM Seni tersebut. UKM-UKM tersebut antara lain Endurance, Entrance, Koperantik, Sketsa dan penampilan akustik dari jurusan S1 Teknik Sipil.

Pihak yang terlibat dalam mempersiapkan Semsatek ialah BEM FT, Sahabat Mikat serta mahasiswa yang lolos dari tahap open recruitment panitia Semsatek 2016. Persiapan dilakukan kurang lebih dua minggu, dikarenakan jadwal Undip Games yang baru selesai pada tanggal 10 November yang lalu.

Pada Semarak Satu Teknik kali ini mengangkat tema“Antara Aku, Kamu, dan Indonesia”seperti yang dijelaskan oleh Ignatius Giovanni S selaku ketua acara Semsatek 2016. “Jadi sebenarnya disini kita mau nampilin Indonesia versinya anak teknik,” ujarnya. Gio juga menambahkan bahwa harapan ke depannya agar Semsatek yang merupakan gabungan dari dua bidang yang tentu memiliki perbedaan pandangan agar dapat lebih ditingkatkan di tahun depan. (Momentum/Dhilla, Arda)

 

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019