Teknik

Tak Sepaham dengan Birokrasi Teknik Elektro, Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Membekukan Diri

Tak Sepaham dengan Birokrasi Teknik Elektro, Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Membekukan Diri

Makna penting yang ada dalam prinsip Himpunan Mahasiswa Jurusan adalah keberadaanya haruslah berdasarkan prinsip dari, oleh dan untuk mahasiswa. Himpunan Mahasiswa Jurusan merupakan media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmunya agar siap terjun ke masyarakat.

Fungsi HMJ tersebut selayaknya sudah dijalankan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Undip. Waktu semakin berlalu seiring HME terus melaksanakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di tingkat jurusan. Tak luput pula tantangan dan rintangan yang dihadapi oleh HME dalam proses pendewasaannya. Sanggahan bahkan penolakan kegiatan yang diusulkan oleh HME sempat diberikan oleh birokrasi Teknik Elektro, yang berujung pada pembekuan diri HME. Berikut adalah informasi dan kronologis yang terjadi mengenai permasalahan yang terjadi :

  1. Peran Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) sudah menyimpang jauh dengan apa yang memang ditujuankan diawal , artinya hubungan antara birokrasi dengan mahasiswa sudah tidak harmonis.
  2. Ketika pihak HME mengajukan proposal kegitan yang berhubungan dengan kaderisasi kepada pihak birokrasi, pihak birokrasi selalu menahan bahkan cenderung menolak untuk menyetujui kegitan yang diusulkan.
  3. Setiap proposal kegiatan yang diajukaan HME selalu dikaitkan dengan kaderisasi oleh pihak birokrasi. Hal ini terlihat jelas saat masa dua bulan steril kaderisasi. Seperti ketika mengajukan proker yang tidak berkaitan dengan PSDM, contohnya proker Kesma yang berhubungan dengan mahasiswa baru, pihak birokrasi tidak mau menyetujui sebelum alur yang dibuat oleh PSDM mengenai kaderisasi mahasiswa baru telah selesai.
  4. Kurang cocoknya HME dengan Dosen Pembimbing Mahasiswa (DPM) Teknik Elektro Undip

Keempat informasi kronologis inilah yang menyebabkan sikap pembekuan diri Himpunan Mahasiswa Elektro (HME). “Intinya, alasan kenapa HME membekukan diri adalah merupakan sikap akumulasi dari banyaknya problema yang kami rasakan berjalan tidak harmonis sejak tahun lalu (2015). Puncaknya adalah ketika kegiatan LKMM-PD, draft proposal sudah disetujui tetapi dengan tiba–tiba pihak birokrasi membatalkan acara tersebut,” sambung Alvin selaku Ketua HME.

Keputusan mengambil sikap pembekuan diri ini tidak sekehendak anggota HME, melainkan seluruh mahasiswa Teknik Elektro. ”Kepada Biro, HM, dan Majelis Musyawarah Mahasiswa (M3), kita menjelaskan kondisi Teknik Elektro seperti ini, enaknya gimana kedepannya dan juga kita melakukan konsolidasi, rapat, serta mengadakan forum baiknya HME kedepannya seperti apa. Sampai pada suatu kesepakatan didapatlah keputusan HME membekukan diri. Dan perlu diketahui sikap membekukan diri ini bukan hanya sekedar membekukan diri, pihak HME sendiri mempunyai dua tujuan, yaitu tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Jangka pendeknya adalah HME ingin aspirasi, hak, dan suara didengarkan oleh pihak birokrasi. Dalam civitas akademika  mahasiswa dan dosen setara hanya berbeda ranahnya saja. Jangka panjangnya adalah ingin membuat sistem transbuilding dengan pihak birokrasi, membangun kepercayaan antara birokrasi dengan mahasiswa,” tambahnya.

Sementara efek yang timbul atas peristiwa ini adalah seluruh pelayanan dari HME berhenti, sisa-sisa proker yang masih ada sudah benar-benar ditiadakan. Selain itu, ketika ada info yang berasal dari Fakultas Teknik, dosen tidak lagi memberitahu terlebih dahulu pada anggota HME melainkan langsung menempelkan informasi ke mading. Kedepannya menurut Alvin akan diadakan pertemuan yang membahas kelanjutan atas sikap pembekuan diri ini dengan birokrasi dan seluruh anggota HME, mahasiswa Teknik Elektro, dan masyarakat Teknik Elektro. (Momentum/Gema&Selli)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kegiatan PKKMB FT Undip 2020 Secara Daring disambut Antusias oleh Mahasiswa Baru

adminSeptember 16, 2020

Sekilas Info Tentang English Day yang Diterapkan di FT

adminAugust 17, 2020

Mahasiswi FT Undip Juarai Kompetisi Debat di Malaysia

adminFebruary 5, 2019

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018