Coretan Teknik

Pentingnya Menulis

Pentingnya Menulis

Manusia adalah mahluk yang paling istimewa di muka bumi ini. Dianugrahkan dengan segala kecerdasan, imajinasi, pemikiran, akal budi serta hati nurani sebagai pelengkapnya. Dalam hati dan fikiran menusia tersirat begitu banyak hal yang mampu dijadikan sebuah karya. Terkadang untuk meluapkan apa yang ada di dalam hati ataupun fikiran baik berupa emosi, kemarahan, kekesalan, bahagia, sedih, haru dll. banyak cara untuk melakukannya. Terdapat juga banyak pilihan dalam mengekspresikannya. Tak jarang hal negatif menjadi pilihan yang dapat merusak pola hidup, sebagai contoh mencari kesenangan yang berdampak negatif. Ada satu hal yang sangat baik dapat dilakukan untuk meluapkan segala apa yang dirasakan dalam jiwa, seperti halnya menulis.

Menulis dapat diartikan sebagai kegiatan menuangkan ide/gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampai selain itu dapat mengekpresikan  secara tertulis pendapat, atau pikiran dan perasaan. Banyak orang yang berfikir bahwa menulis itu membosankan dan tidak menarik sama sekali. Dengan mindset yang sudah tertanam seperti itu yang menjadi penghambat seseorang tidak tertarik untuk menulis. Selain dapat menuangkan ide/gagasan, menulis juga mempunyai banyak manfaat lainnya seperti menulis akan melatih diri siap dikritik dan dievaluasi oleh yang lain serta melatih pemecahan sebuah masalah, menghasilkan ide-ide baru, membentuk pribadi yang bijak dan santun, membuat hidup produktif, instrumen untuk menjaga ilmu, pendapat, pemikiran, opini dan argument dan untuk menyebarkannya secara lebih luas.

Menulis tidak hanya terpaku pada hal-hal yang terlihat rumit. Sebagai contoh kecil seorang dapat membiasakan menulis di dalam buku harian (diary). Melalui diary dapat menuangkan segala isi hati, fikiran, pengalaman bahkan keluh kesah yang rahasianya terjamin tidak seorangpun dapat mengetahuinya. Seiring berjalannya waktu menulis akan menjadi sebuah kesenangan dengan segudang manfaat di dalamnya. Selain itu bagi seseorang yang tidak terbiasa untuk berbicara di depan umum atau tidak mempunyai kepercayaan diri tampil di depan umum, menulis adalah solusinya. Karna menulis adalah salah satu media komunikasi yang terbaik dimana menulis adalah media komunikasi kita dengan orang lain, media untuk menyampaikan apa yang kita inginkan, menyebarkan apa yang kita gagaskan, dan mengajak orang lain serta menggiring mereka untuk  ikut berfikir dan berkembang.

Setelah mengetahui beberapa manfaat menulis diatas, masih adakah keraguan utuk menulis? Masih adakah alasan untuk tidak menulis? Tidak ada salahnya mencoba menulis saat sekarang ini, khusunya di kalangan muda. Manfaatkan masa mudamu dengan berkarya salah satunya dengan menulis. Ciptakan karya-karya kecil yang akan menjadi penghargaan tersendiri di masa mudamu.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Hening

adminMarch 16, 2018

WHAT HOME SUPPOSED TO BE

adminMarch 8, 2018

LUNAR ECLIPSE

adminFebruary 10, 2018

Diponegoro : Simbol yang Menandai Zaman

adminJanuary 27, 2018

Indonesia Darurat Membaca

adminJanuary 18, 2018

Aku Cinta Kamu

adminJanuary 12, 2018