Teknik

Pelepasan Tim Antawirya Dilalui dengan Rangkaian Seminar

Pelepasan Tim Antawirya Dilalui dengan Rangkaian Seminar

Tim Antawirya pada tahun ini kembali berlaga di Shell Eco-Marathon Asia (SEMA) tanggal 16-19 Maret 2017 mendatang pada Kategori Urban Bensin. Berbeda dengan tahun sebelumnya, sebagai tanda pelepasan Tim Antawirya kali ini dilalui dengan rangkaian seminar. Seminar yang diadakan pada Kamis (16/02/17) di Aula Dekanat Fakultas Teknik tersebut bejudul “Safety in Engineering Design”. Seminar tersebut dihadiri oleh Rektor, Dekan Fakultas Teknik, Wakil Dekan Fakultas Teknik 1 & II, Kepala Departemen S1 Teknik Mesin, dosen pembimbing Antawirya, Shell Indonesia dan mahasiswa Fakultas Teknik.

Antawirya yang sudah berdiri sejak tahun 2013 selama 4 tahun ini telah menorehkan banyak prestasi. Diantaranya, pada tahun 2015 mereka berhasil memperoleh urutan kelima di tingkat Asia dan terbaik Indonesia pada kategori Urban Concept Gasoline pada SEMA 2015, tahun 2016 kembali menjadi 5 besar di tingkat Asia pada SEMA 2016, juara pada kategori Urban Bensin dan Prototype bensin dalam perlombaan Safety Plan & Identification Hazard yang diselenggarakan oleh  Shell  Indonesia pada tingkat Nasional, juara 2 Urban Etanol dan Juara 6 Urban Bensin dalam Kontes Mobil Hemat Energi 2016.

Sedangkan menurut Prayudha Naufal Wijaya selaku Manager Tim Antawirya Kategori Urban Bensin mengaku bahwa dalam kategori Urban Bensin telah mengalami banyak perkembangan. Pertama kali mengikuti SEMA  mereka meraih efisiensi 54 km/liter lalu pada tahun 2016 bertambah menjadi 77 km/liter kemudian menjadi 144 km/liter pada Kontes Mobil Hemat Energi 2016 dan saat ini 218 km/liter

Dalam sambutannya, Bapak Prof. Yos Johan menuturkan harapan dan pesan kepada Tim Antawirya dalam SEMA kali ini, “Mahasiswa harus out of the box. Memanfaatkan teknologi di jaman sekarang. Perihal Undip menyandang status PTN-BH yang mengharuskan aktivitas dan prestasi mahasiswa yang selalu maju di kancah Internasional. Semoga anda dapat memenangkan, yang utamanya tentu bukan masalah kemenangan itu tapi kemenangan jiwa anda.”. Setelah itu beliau menyematkan jaket tim Antawirya secara simbolis kepada Manager Team Antawirya yang akan berangkat.

Acara selanjutnya yaitu materi Kesehatan & Keselamatan Kerja (K3) oleh Indra Maizir dari Shell Indonesia. Acara diakhiri dengan melepas kain penutup pada mobil Antawirya sebagai simbolik pelepasan tim Antawirya oleh Bapak Ir. M. Agung Wibowo MM, MSc, PhD. selaku Dekan FT Undip dan pengambilan foto bersama di depan Gedung Dekanat FT. (Momentum/Ardining)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018

SURVEY KEBUTUHAN FAKULTAS TEKNIK

adminMarch 18, 2018

Aplikasi “FT Undip Mobile” Siap Diluncurkan

adminMarch 16, 2018