Teknik

SILAMA, Solusi Baru untuk Pelayanan Administrasi Mahasiswa Fakultas Teknik

SILAMA, Solusi Baru untuk Pelayanan Administrasi Mahasiswa Fakultas Teknik

Semarang – Fakultas Teknik merupakan fakultas terbesar yang ada di Universitas Diponegoro. Fakultas Teknik memiliki ribuan mahasiswa yang terbagi ke dalam 12 departemen. Dengan jumah mahasiswa yang sangat banyak, tentu kegiatan-kegiatan mahasiswa juga tidak kalah banyak. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu sistem untuk membantu dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut supaya dapat berjalan dengan optimal dan efisien. Hal inilah yang menjadi tujuan utama dibuatnya SILAMA FT, selain karena memang IT yang sudah menjadi kebutuhan.

SILAMA merupakan singkatan dari Sistem Informasi Layanan Administrasi Mahasiswa Fakultas Teknik Undip. Dalam pembuatannya sendiri, SILAMA melibatkan berbagai pihak. “Secara hierarki, pembuatan SILAMA ini merupakan tanggung jawab dari wakil dekan III, namun untuk tenaga ahli dan pelaksananya kami memang menggunakan orang-orang yang memiliki passion di situ. Karena untuk membuat hal seperti ini harus berdasarkan passion,” jelas Pak Agung selaku dekan Fakultas Teknik. Salah satu yang menjadi pedoman dalam pembuatan situs ini adalah cita-cita untuk membuat pelayanan administrasi mahasiswa yang saling terintegrasi.

SILAMA berfungsi sebagai sumber informasi mengenai beberapa format surat kemahasiswaan yang berkaitan dengan dunia luar, seperti surat permohonan data TA (Tugas Akhir)/Penelitian, surat permohonan cuti, surat permohonan KP (Kerja Praktik), dan lain-lain. Sebelum ada SILAMA, prosedur untuk membuat surat kemahasiswaan yang berkaitan dengan dunia luar kurang efisien. Dimana mahasiswa harus meminta surat pengantar di departemen masing-masing, baru setelah itu menuju ke Dekanat untuk mengurus surat yang diperlukan. Dengan adanya SILAMA, hal ini dapat terintegrasi sehingga mahasiswa yang memerlukan surat cukup datang langsung ke Dekanat untuk meminta tanda tangan pihak terkait.

Selain berfungsi untuk permohonan surat yang berkaitan dengan dunia luar, SILAMA juga berfungsi sebagai sumber informasi mengenai beasiswa. Fakultas Teknik merupakan salah satu fakultas yang mendapatkan banyak tawaran beasiswa dari berbagai perusahaan. Oleh karena itu SILAMA juga memiliki peran penting dalam penyediaan informasi dan  pendaftaran beasiswa. Akan tetapi, kita tidak bisa serta merta mendaftar beasiswa melalui SILAMA karena SILAMA hanya berfungsi untuk mendata mahasiswa yang berminat terhadap suatu beasiswa. “Dengan adanya SILAMA diharapkan kita punya data berapa banyak mahasiswa yang berminat mengambil beasiswa sehingga dapat digunakan untuk persiapan beasiswa yang selanjutnya,” Tegas Pak Agung kembali.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa SILAMA ini masih banyak memiliki kekurangan. Salah satu yang masih terlihat kurang yaitu keamanan dari situs ini, dimana untuk Login kita hanya perlu memasukkan NIM sebagai Username dan Password. Karena belum ada fitur untuk mengganti password, maka kita tidak bisa memilih untuk mengganti password sesuai dengan keinginan kita. Menurut Pak Agung memang masih memiliki kekurangan yang perlu diperbaiki. “Tentu SILAMA ini akan terus kami kembangkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan kita,” jelas Beliau.

Link: http://file-ft.undip.ac.id/silama/index.php

(Momentum/Faisal Ian)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018