Ristek

Tim Robotik Undip Siap Berlaga di Tingkat Regional Kontes Robot Indonesia 2017

Tim Robotik Undip Siap Berlaga di Tingkat Regional Kontes Robot Indonesia 2017

Kompetisi robot tahunan paling bergengsi sudah semakin dekat ditaklukkan oleh seluruh tim robotik di kalangan mahasiswa se-Indonesia. Tidak terkecuali bagi tim robotik dari Universitas Diponegoro. Ajang ini dikenal sebagai Kontes Robot Indonesia (KRI) yaitu kegiatan kontes bidang robotika yang dapat diikuti tim mahasiswa dari Institusi atau Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang terdaftar di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Adapun dari 5 divisi yang dilombakan. Akan tetapi, Undip hanya mengirimkan 4 divisi yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Keempat tim tersebut merupakan gabungan dari mahasiswa Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Sistem Komputer.

“Dilihat dari sumber daya yang ada, tahun ini Undip memang memfokuskan pada 4 divisi saja. Sehingga harapannya bisa lebih maksimal hasilnya.” ungkap Rofiq Cahyo Prayogo selaku ketua Undip Robotic Development Center (URDC) yang juga masuk dalam tim inti KRPAI Berkaki.

Pelaksanaan kontes ini tidak cukup dengan satu tahap saja, melainkan harus melalui beberapa tahap yaitu tahap seleksi pengiriman proposal, tahap seleksi video laporan kemajuan atau perkembangan dilanjutkan dengan seleksi di Tingkat Regional sampai akhirnya nanti pelaksanaan lomba di Tingkat Nasional. Saat ini, Undip telah berhasil lolos di tahap kedua dan sedang mempersiapkan untuk berlomba di Tingkat Regional yang akan diselenggarakan di Universitas Gajah Mada tanggal 11-13 Mei mendatang.

Secara umum, persiapan robotika sendiri sifatnya berkelanjutan dari tahun ke tahun. Hanya saja riset untuk lomba lebih difokuskan menyesuiakan dengan peraturan atau rule pertandingan dari panitia KRI yang keluar sekitar Bulan November-Desember 2016. Ketika ditanya mengenai perkembangan dari masing-masing divisi, Ketua Tim KRAI, Reza Surya Yuniar menuturkan bahwa masih dalam proses build robot. Minggu ini timnya akan mengecek sistem eror dan programming kemudian, lanjut di minggu depan rencana divisi ini akan melakukan Trial and Error.

“Jika dari divisi KRPAI, sekarang sudah ada pada tahap Trial and Error. Kami sedang berusaha menemukan strategi robotik yang paling tepat dengan terus mencoba bereksperimen pada algoritmanya.” tutur salah satu anggota tim inti KRPAI dari Teknik Elektro Angkatan 2013.

Berbeda dari KRPAI dan KRAI, divisi KRSBI Beroda saat ini telah mencapai kesiapan 70%. Tim yang diketuai oleh Dede Surachman ini sedang tahap pembuatan mekanik robot kedua dan ketiga (kiper). Ia menjelaskan bahwa tahun ini adalah tahun pertama adanya divisi KRSBI Beroda namun, rulesnya sudah terbilang rumit dan ini adalah tantangan tersendiri bagi tim.

“KRSTI sementara masih membuat gerakan tari sesuai rule panitia lombanya yaitu tari gending sriwijaya, kemudian membuat pattern untuk membuat robot berjalan. Kemudian, dilanjutkan dengan penambahan-penambah sensor seperti bluetooth. Target selesai 100% sesuai timeline yaitu seminggu dan dua minggu sebelum hari H.” Terang Ivan Ahda selaku ketua Tim KRSTI.

Harapan besar dari seluruh tim robotik Undip untuk bisa menduduki predikat juara 1 di Tingkat Regional dan bisa mewakili berlaga di Tingkat Nasional yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 6-9 Juli 2017. (Momentum/Ridla)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ristek

More in Ristek

Content Creator Day, Sebuah Konten Harus Memiliki Nilai yang Disampaikan

adminApril 21, 2018

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Ciptakan Alat Pengendali Hama Burung Pemakan Bulir Tanaman Padi

adminJuly 25, 2017

TIM PKMM UNDIP Latih Pembuatan String Art di Desa Mluweh

adminJuly 6, 2017

Silamatika Education

adminJune 7, 2017

Model United Nation ( MUN ) , Kompetisi Bergengsi “Baru” bagi Mahasiswa Teknik

adminMay 31, 2017

PKM-M Kewirausahan untuk Penyandang Disabilitas

adminMay 30, 2017