Teknik

Alumni Teknik Belum Punya Wadah Bersama

Alumni Teknik Belum Punya Wadah Bersama

Fakultas Teknik Undip dikenal menjadi fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak dan paling kompak. Hal ini dikarenakan fakultas teknik memiliki banyak departemen dengan massa di masing-masing departemen yang tidak sedikit. Selain massa, ikatan keluarga dalam fakultas teknik juga cenderung lebih erat. Bagaimana tidak? Banyak kegiatan-kegiatan di departemen maupun fakultas yang menuntut adanya kerja sama, toleransi, dan penyatuan pandangan yang kemudian membuahkan suatu kesepakatan bersama. Momen wisuda akan menjadi momen pembuktian bagaimana alumni teknik begitu dihargai di departemennya. Hal ini diperlihatkan dengan adanya arak-arakan wisuda di sekitar gedung Soedharto. Lantas, bagaimana kelanjutan interaksi dari alumni teknik Undip?

Wakil Dekan III Fakultas Teknik, Bapak Dr. Ing. Asnawi, S.T., mengutarakan bahwa sampai saat ini belum ada organisasi formal yang mewadahi seluruh alumni fakultas teknik. Mereka cenderung menghimpun masa satu departemen untuk berkumpul bersama. Sehingga perkumpulan alumni yang ada belum mencakup fakultas, hanya mencakup himpunan atau departemen. Perkumpulan itu pun bukanlah perkumpulan yang resmi dengan aturan yang baku.

Rasa kekeluargaan dari departemen yang begitu kental ini merupakan salah satu penyebab belum adanya ikatan alumni teknik tingkat fakultas. Beliau mengutarakan bahwa adanya rasa pertemanan yang erat terjalin di departemen terutama dalam satu angkatan, sehingga kecenderungan mahasiswa untuk terus berkomunikasi yaitu dengan alumni satu departemen pula. Dari hal ini diperlukan usaha untuk memperdalam perhatian mahasiswa dan alumni mengenai keuntungan yang akan diperoleh ketika memiliki banyak relasi di luar departemen.

Beliau juga menambahkan bahwa perlu ada terobosan untuk menangani masalah ini. Misalnya dengan mendata keterangan dari para alumni dan membuat database yang kemudian dapat diakses oleh seluruh alumni. Hal ini akan sangat bermanfaat, contohnya ketika ada alumni yang ingin mendatangi sebuah daerah untuk keperluan tertentu, dengan database para alumni dapat mencari informasi tentang daerah tujuan dengan menanyakannya  ke alumni lain yang berada pada daerah itu. Sebenarnya, database alumni sudah dibuat bertahun-tahun lalu. Hanya saja, database itu tidak begitu lengkap karena tidak seluruh mahasiswa berkenan memberikan informasi mendetail tentang kegiatan pascawisuda. Data yang tercantum hanya terbatas sampai di wisuda sehingga belum bisa diakses dengan mendalam.

Rencana pembentukan organisasi yang mewadahi alumni fakultas teknik sudah ada. Saat ini sedang dalam tahap pembuatan database para alumni atau wisudawan/wisudawati. Harapannya, seluruh data alumni dapat diperoleh dan diolah sehingga mahasiswa lain dapat mengakses untuk mempermudah kegiatan maupun urusan lain di masa yang akan datang. (Momentum/ Isna)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018

SURVEY KEBUTUHAN FAKULTAS TEKNIK

adminMarch 18, 2018

Aplikasi “FT Undip Mobile” Siap Diluncurkan

adminMarch 16, 2018