Teknik

Kaca Gedung Dekanat Baru Fakultas Teknik Pecah, Ada Apa?

Kaca Gedung Dekanat Baru Fakultas Teknik Pecah, Ada Apa?

Semarang, Gedung  Baru Dekanat Fakultas Teknik yang selama ini belum digunakan mengalami kerusakan. Kaca bagian depan yang ada di gedung Dekanat Teknik baru pecah. Kejadian terjadi pada hari Jumat (21/04/17) pukul 00.48. Beberapa faktor yang menyebabkan pecahnya kaca adalah angin kencang dan infrastruktur gedung yang kurang maksimal seperti ada kelonggaran antara tembok dan kaca yang ada. Beruntung peristiwa ini tidak menimbulkan korban.

Seperti yang sudah diketahui bahwa Fakultas Teknik sudah memiliki gedung dekanat baru yang terletak di pertigaan depan gedung Widya Puraya. Sebelumnya, dekanat Fakultas Teknik terletak di dekat gedung Soedarto dan GKB. Akan tetapi, gedung baru yang sudah jadi itu belum digunakan. Rencananya, akan ada pemindahan berkas administrasi dari dekanat lama ke dekanat baru. Kemudian, ada pula rencana penggunaan gedung dekanat baru yang di sampaikan oleh Sugeng, selaku satpam pennjaga gedung dekanat baru, yaitu sekitar pasca lebaran.

Beliau mengutarakan bahwa kejadian runtuhnya kaca pada lantai empat gedung dekanat baru adalah murni karena kelemahan infrastruktur, bukan karena ada pelaku pemecahan. Menurutnya, ada kelonggaran antara bingkai kaca dan kaca gedung. Saat malam kejadian, angin memang sedang berhembus kencang-kencangnya, meski tidak disertai hujan. Angin ini yang kemudian menghantam langsung kaca dekanat baru lantai empat karena sudah tidak ada lagi pohon yang menghalangi kaca tersebut.

Sebelumnya, Natalia Ramadhani, mahasiswa Teknik Elektro, menyampaikan kalau sejak berbulan-bulan lalu gedung dekanat memang cenderung tidak terawat. Ada beberapa sudut yang ditumbuhi lumut dan lembab serta mengalami keretakan. Hal ini pula yang menjadi latar belakang mengapa kaca deung dekanat baru lantai empat sampai runtuh.

Saat setelah kejadian, anak – anak dari PSMT melakukan latihan rutin yang memang dilaksanakan di gedung dekanat baru. Saat mereka latihan ada beberapa orang yang sedang mencoba membersihkan serpihan kaca yang pecah. Saat pembersihan kaca tersebut, salah seorang anak melihat bahwa serpihan kaca yang pecah mengenai kaca yang belum pecah. Akibatnya, kaca yang tidak pecah ikut pecah. Hal ini membuat daerah kerusakan semakin besar. Hingga akhirnya, satu bagian dinding kaca yang terletak di sudut kanan lantai empat runtuh semuanya.

Dari pihak satpam dekanat baru sudah menyampaikan kejadian ini kepada pihak Sarana dan Prasarana di Dekanat Teknik. “ Dibiarkan saja dulu seperti itu, yang terpenting tidak ada korban dalam kejadian itu”, tanggapan dari pihak Sarana dan Prasarana Dekanat. Rencana untuk perbaikan gedung Dekanat baru akan tetap ada. Namun, kepastian akan dilakukan belum pasti kapan. (Nurul Lathifah)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018

SURVEY KEBUTUHAN FAKULTAS TEKNIK

adminMarch 18, 2018

Aplikasi “FT Undip Mobile” Siap Diluncurkan

adminMarch 16, 2018