Ristek

Model United Nation ( MUN ) , Kompetisi Bergengsi “Baru” bagi Mahasiswa Teknik

Model United Nation ( MUN ) , Kompetisi Bergengsi “Baru” bagi Mahasiswa Teknik

Model United Nation ( MUN ) yang merupakan kegiatan kompetisi dalam berbahasa Inggris yang dilakukan dengan cara melakukan simulasi sidang PBB dimana peserta lomba bertindak sebagai perwakilan negara yang akan membahas isu – isu internasional. Opportunity For Engineers Go Abroad ( OFEGA ) merupakan kegiatan tahunan dari Ristek BEM FT yang tahun ini diadakan pada Sabtu – Minggu, 29 – 30 April 2017. OFEGA diadakan untuk mewadahi mahasiswa Fakultas Teknik yang memiliki passion minat lebih dalam memperdalam kemampuan berbahasa inggris.  OFEGA telah mengalami banyak perubahan dari tahun-ketahun. OFEGA yang pertama kali diadakan cenderung focus pada kegiatan One Day With English Fakultas Teknik.

“OFEGA tahun ini kami adakan dengan rangkaian acara berupa sharing mengenai beasiswa di luar negeri serta kesempatan – kesempatan yang ada di luar negeri, Model United Nation ( MUN ) Training and Simulation, dan Debate Training,” jelas Ari, Kabid Ristek BEM FT 2017. OFEGA tahun ini dengan bekerja sama dengan International Office Undip mendatangkan 3 native speaker, 1 orang asal Ukraina dan 2 orang asal Myanmar yang semula harusnya ada 1 orang asal Rusia yang membatalkan kehadiran karena ada keperluan yang lebih mendesak.

Kegiatan OFEGA tahun ini dibagi menjadi 4 sesi. Sesi pertama yaitu,sharing bersama International Office Undip dan Native Speaker yang selanjutnya dibentuk FGD dengan 1 native speaker di setiap kelompok. Sesi kedua yaitu,pelatihan dan simulasi MUN yang juga bertujuan mengenalkan MUN ke mahasiswa Teknik. Sesi ketiga yaitu,dilakukannya Cultural Night dari peserta OFEGA yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Sesi keempat yaitu dilakukannya Debate Training yang dilaksanakan pada hari kedua dari OFEGA. “ Dari Pelaksanaan OFEGA tahun ini rencananya akan ada follow up berupa pembentukan sejenis angkatan baru di Fakultas Teknik atau Komunitas Bahasa Inggris pada tahun 2017 ini yang akan mewadahi mahasiswa Teknik yang memiliki passion dalam bidang Bahasa Inggris,” terang Ari, “Pembentukan Komunitas Bahasa Inggris ini juga bertujuan untuk mencerdaskan mahasiswa Teknik mengenai MUN, debate, dan beasiswa. Pembentukan komunitas ini baru dilakukan follow up pada tahun ini” lanjutnya.

MUN selama ini belum terekspos di Fakultas Teknik. Prestasi di Fakultas Teknik cenderung prestasi dalam bidang karya tulis atau bentuk riset dan MUN sendiri merupakan sebuah kompetisi yang tak kalah bagus dibandingkan prestasi riset. “MUN kurang terekspos di Teknik dikarenakan sedikitnya Universitas di Indonesia yang menyelenggarakan kompetisi tersebut, tapi MUN sendiri tak hanya lingkup Nasional tapi bahkan lingkup Internasional,” jelas Ari, “Di Undip sudah ada UKM MUN tapi UKM tersebut cenderung menyiapkan delegasi untuk menorehkan prestasi bukan untuk melakukan sosialisasi mengenai MUN kepada warga Undip,” lanjutnya.

OFEGA tahun ini diadakan dengan cara outdoor camp selama dua hari yang mana tahun sebelumnya hanya satu hari dan hanya dari pagi sampai sore hari. Inovasi tersebut dilakukan karena evaluasi kegiatan tahun lalu, peserta cenderung meminta perpanjangan durasi. Tapi, pada tahun ini kuantitas peserta OFEGA mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. “Konsep OFEGA outdoor camp tidak memberatkan peserta sama sekali karena peserta cukup membawa diri ketika acara, “ jelas Ari; “Pada tahun ini kuantitas peserta mengalami penurunan tapi kualitasnya mengalami kenaikan. Karena dilihat dari peserta tahun ini yang lebih baik dalam berbahasa Inggris isbanding tahun lalu dimana peserta cenderung banyak yang tertarik pada informasi mengenai beasiswa luar negeri,” lanjutnya. (Momentum/Alfian)

 

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ristek

More in Ristek

Content Creator Day, Sebuah Konten Harus Memiliki Nilai yang Disampaikan

adminApril 21, 2018

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Ciptakan Alat Pengendali Hama Burung Pemakan Bulir Tanaman Padi

adminJuly 25, 2017

TIM PKMM UNDIP Latih Pembuatan String Art di Desa Mluweh

adminJuly 6, 2017

Silamatika Education

adminJune 7, 2017

PKM-M Kewirausahan untuk Penyandang Disabilitas

adminMay 30, 2017

Tim Robotik Undip Siap Berlaga di Tingkat Regional Kontes Robot Indonesia 2017

adminApril 13, 2017