Teknik

Perubahan Kurikulum atau Evaluasi Kurikulum ?

Perubahan Kurikulum atau Evaluasi Kurikulum ?

Kurikulum ialah suatu gagasan pendidikan yang diekpresikan melalui praktik. Pengertian kurikulum saat ini semakin berkembang, sehingga yang dimaksud dengan kurikulum itu tidak hanya sebagai gagasan pendidikan, namun seluruh program pembelajaran yang terencana dari institusi pendidikan nasional (Harsono,2005).

Kurikulum dirancang untuk menunjang proses pembelajaran menjadi terstruktur dan terorganisir dengan baik guna menjadikan proses pembelajaran membentuk mahasiswa yang berkompeten. Kurikulum di tinjau ulang setiap 5 tahun sekali, dan pada 5 tahun berlangsungnya kurikulum tentunya ada penyesuaian dalam arti perubahan fenomena. Sebagai contoh di era globalisasi sekarang ini diperlukan kemampuan berkomunikasi yang baik. “Sekarang kemampuan bahasa inggris sudah benar-benar dibutuhkan, kita mungkin bisa memberikan suatu bentuk syarat bahwa di teknik untuk Tugas Akhir melakukan presentasi pakai bahasa inggris, itu adalah salah satu untuk menyesuaikan perubahan fenomena “ Sahut pak Agung selaku Dekan Fakultas Teknik Undip.

Beberapa mahasiswa sering menganggap evaluasi kurikulum merupakan perubahan kurikulum. Kata perubahan kurikulum dianggap kurang tepat karena memang bukan kurikulum yang berubah melainkan adanya evaluasi yang rutin dilakukan setiap 5 tahun sekali dan harus dilakukan guna menyesuaikan adanya perubahan di masyarakat. Kurikulum saat ini harus memasukkan unsur-unsur standard level di KKNI (Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia). Evaluasi kurikulum berlaku untuk semua Departemen yang ada di Fakultas Teknik.

Adanya evaluasi kurikulum memberikan arti bahwa ada target yang ingin di dapat dari berlangsungnya sebuah kurikulum. “ Kurikulum berbasis  keluaran ( product ) artinya bahwa kurikulum itu harus mencerminkan skill-skill yang di dapat oleh mahasiswa nantinya dan merupakan hal yang harus di kerjakan “ Ujar Pak Dekan.

Kurikulum hasil evaluasi berlaku pada saat awal semester ganjil dimana mahasiswa baru memasuki dunia perkuliahan. Akan tetapi dikembalikan ke beberapa departemen bahwa memakai kurikulum hasil evaluasi atau mengkombinasi kurikulum hasil evaluasi dengan kuriklum yang terdahulu. Misalnya pada mahaiswa semester 8, akankah memakai kurikulum semester 8 versi hasil evaluasi atau kurikulum terdahulu. Tergantung departemen masing-masing, bisa mengkombinasi dengan dua kurikulum berjalan secara bersama ( kurikulum sebelum evaluasi dan setelah evaluasi ) tetapi untuk mahasiswa baru sudah menggunakan kurikulum hasil evaluasi. Dikembalikan ke pihak departemen yang mengelolanya. (Momentum/Selli & Ardining)

 

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018

SURVEY KEBUTUHAN FAKULTAS TEKNIK

adminMarch 18, 2018

Aplikasi “FT Undip Mobile” Siap Diluncurkan

adminMarch 16, 2018

BEM FT dan SM FT 2018 akan Menyelesaikan UKT Semester 9

adminFebruary 15, 2018