Teknik

Revolusi Pendidikan, Internal Hingga Nasional

Revolusi Pendidikan, Internal Hingga Nasional

Selasa (09/5/17), Saung Sore diadakan oleh Bidang Sosial Politik BEM FT Undip di lapangan parkir FT yang dihadiri oleh banyak mahasiswa. Dimana dihadiri dari perwakilan setiap lembaga eksekutif mahasiswa Undip untuk membahas tentang “Masalah Pendidikan yang ada di Indonesia”. Saung sore ini dilakukan juga sebagai salah satu bentuk respon mahasiswa mengenai UU nomor 20 tahun 2003 tentang sisitem pendidikan nasional yang berisi masyarakat ikut andil dalam merumuskan dan mewadahi fasilitas pendidikan itu sendiri. Hal ini juga untuk menindak lanjuti aksi mahasiswa yang diadakan pada 2 Mei lalu tentang tuntutan masalah pendidikan yang ada dikampus sendiri.

Saung sore ini membahas arah aksi yang akan diambil Undip kedepannya dalam menyikapi isu pendidikan, apakah akan menuju ke perjuangan nasional atau internal Undip sendiri. Berkaca dari pendidikan itu sendiri, pendidikan dibagi menjadi Pendidikan dasar dan Pendidikan tingkat tinggi. Jadi seberapa kecil masalah yang ada, akan sangatlah berpengaruh pada masa depan Pendidikan Negara Republik Indonesia nantinya. Karena pada dasarnya Pendidikan ialah hak segala bangsa, inilah poin terpenting yang dapat kita ambil dari pembukaan UUD 1945 alenia keempat yang menjelaskan tentang cita-cita Indonesia yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Saung sore ini berjalan sangat aktif karena sebagian besar dari peserta ikut berperan aktif dalam diskusi mengenai arah gerak Undip menyikapi isu pendidikan. “Bagaimana kalau kita, Undip keluar dari BEM SI?” ujar El, Kepala Bidang Sosial Politik BEM FT Undip. Ucapan itu tercetus dikarenakan menurut El apabila dalam masalah pendidikan BEM SI belum ada arah dan juga tujuan BEM SI tidak jelas, maka Undip dinilai bisa menjadi pencetus dan penggerak bidang pendidikan. Menanggapi usul dari El, Jadug selaku Presiden BEM Undip menyatakan hal tersebut tidak bisa dilakukan juga di BEM SI sendiri sudah ada koordinasi yang akan menanggapi isu pendidikan.

Padahal jika kita lihat dari perkembangan keuangan negara APBN Indonesia sendiri, pembangunan infrastruktur dapat meningkat hingga puluhan persen, namun pada APBN untuk pendidikan masih stagnan di tingkat 20% atau sekitar 416 trililiun. Apakah dari sini tergambarkan bahwa “Pemerintah Indonesia sesungguhnya hanya ingin membangun benda mati dan mengendorkan kualitas manusianya,” tutur salah seorang peseta dalam diskusi tersebut.

Jika mampu menekan pemerintah untuk meningkatkan anggaran APBN dalam dunia pendidikan yang nantinya dapat berimbas nantinya ke UU nomor 12 tahun 2012 yang membahas tingkat-tingkat Perguruan Tinggi yang diantaranya Universitas Satuan Kerja, PTN BLU, dan PTN BH. Yang dari sana pemerintah seperti ingin melepaskan tanggung jawabnya dalam dunia pendidikan dengan cara membuat Perguruan Tinggin di Indonesia memiliki otonomi atau mandiri.

Setelah diskusi panjang, saung sore ini menghasilkan komitmen terutama dari setiap lembaga eksekutif yang ada di Undip untuk membahas secara berkelanjutan mengenai isu pendidikan. Arah pembahasan isu pendidikan dari Undip sendiri diawali pada internal yang kemudian akan berlanjut ke skala nasional, karena menurut forum urusan pendidikan  internal Undip perlu dibenahi, diawasi dan dikawal. Selain itu, forum kemarin juga menghasilkan poin-poin data yang perlu dikumpulkan oleh bidang kesejahteraan mahasiswa tiap fakultas yang kemudian bisa dijadikan bahan kajian untuk forum berikutnya. Menanggapi aksi nasional yang akan diadakan pada tanggal 28 Oktober oleh BEM SI, pihak Undip akan mengusulkan konsolidasi nasional sebelum aksi tersebut dilakukan guna mematangkan aksi.

(Momentum/ Helmy dan Alfian )

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Rapat Dengar Pendapat (RDP) Bahas Poin Penting Juknis

adminSeptember 22, 2018

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018