Event

Seminar Nasional ENVIROXILAND 2017

Seminar Nasional ENVIROXILAND 2017

Minggu(21/5/2017), telah berlangsung Seminar Nasional sebagai puncak acara ENVIROXILAND yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan  bertempat di Gedung ICT lantai 5 Universitas Diponegoro, Tembalang. Dengan tema “Pengaruh Reklamasi Pantai Terhadap Kesejahteraan Masyarakat dan Pembangunan Berkelanjutan yang Berwawasan Lingkungan” seminar nasional  ini diselenggarakan mulai pukul 7.30 WIB.

Seminar kali ini menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya, seperti Dr. (HC) Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia), Prof. Dr. Ir. Sutrisno Anggoro. M, S. (Guru besar FPIK Undip), dan Juris Mahendra (Senior Manager PT. China Harbour Indonesia). Namun sayangnya ibu Susi berhalangan hadir pada acara ini. Acara ini di moderatori oleh Fitra Miftahadi  pada sesi penjabaran materi dan Arya Rezagama pada sesi tanya jawab, acara ini juga diselingi hiburan yang ditampilkan oleh acoustic TL saat jeda istirahat.

Peserta yang hadir dalam Seminar Nasional ini datang dari berbagai jurusan dan bahkan  berbagai Universitas. Ada tiga poin penting dari yang disampaikan oleh Sutrisno Anggoro yang pertama adalah tentang urgensi perluasan wilayah pesisir melalui reklamasi, ditinjau dari aspek lingkungan Biofisik dan Sosial. Poin kedua adalah ekspektasi para penampung kepentingan perluasan reklamasi ditinjau dari aspek lingkungan. Dan ketiga, bagaimana mengelola ekspektasi itu sendiri. Sementara kesimpulan yang disampaikan oleh Juris Mahendra adalah “Reklamasi yang berwawasan lingkungan tidak akan berdampak jangka panjang,” jelasnya.

Tanggapan salah satu peserta yang hadir, seminar ini memiliki topik yang bagus yaitu menjawab tentang pertanyaan masyarakat umum mengenai reklamasi. “Dengan ikut seminar ini Saya jadi lebih tau apa sih reklamasi, tujuan reklamasi serta masalahnya dari pakarnya langsung,” papar Dwi M. Faisal sebagai salah satu peserta Seminar Nasional.

Lalu, menurut salah satu panitia acara yaitu Satriyo Aji, seminar ini masih belum sesuai dengan yang direncanakan karena salah satu pembicara masih belum dapat hadir, namun secara teknis sudah sesuai yang direncanakan. “Kalau puas sih puas, tadi masih ada beberapa titik point yang harus kita maksimalkan lagi,” Ia menjawab.

(Momentum/Mutiara & Agika)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019

Dari Puan Hingga Vidi, Penutupan ODM Undip Hadirkan Nuansa Toleransi dan Persatuan

adminAugust 19, 2019