Teknik

Sisa Kuliah di Semester 9, Haruskah Dibayar Penuh?

Sisa Kuliah di Semester 9, Haruskah Dibayar Penuh?

sumber ilustrasi:http://old.seattletimes.com

Pembicaraan mengenai pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) untuk mahasiswa semester 9 belakangan ini sedang ramai terdengar, terutama bagi angkatan 2013 yang masih berjuang menyelesaikan pembelajarannya di universitas. Seperti yang kita ketahui, angkatan 2013 merupakan angkatan pertama diberlakukannya sistem pembayaran UKT di mana dalam setiap semesternya mahasiswa diwajibkan untuk membayar uang kuliah sebanyak satu kali sesuai dengan kemampuannya serta kebutuhan dari masing-masing fakultas. Namun bagaimana dengan mahasiswa semester 9 yang hanya tinggal menyelesaikan skripsi dan tidak lagi menikmati fasilitas kampus seperti semester-semester sebelumnya? Haruskah membayar UKT secara penuh?

Ketika dimintai keterangan mengenai hal ini, Muhammad Burhanudin selaku Kepala Bidang Kesejahteraan Mahasiswa BEM FT 2017 mengatakan bahwa belum ada kebijakan maupun pembahasan mengenai hal ini. “Untuk UKT ini sebenarnya sudah dijelaskan bahwasannya harus dibayarkan selama kuliah sampai lulus, tetapi disitu belum dijelaskan ketika sudah memasuki semester 9 maupun SKS sudah sedikit. Belum ada penjelasan dari pihak birokrasi mengenai hal ini,” tuturnya. Berbicara mengenai UKT, isu ini merupakan permasalahan bersama yang berada dalam ranah universitas namun belum ada pembahasan yang lebih lanjut mengenai hal ini dalam skala universitas.

Berkaitan dengan hal tersebut, BEM FT tengah berupaya untuk mengangkat isu ini hingga didapatkan penjelasan resmi mengingat bahasan ini terus mendapat perhatian dari mahasiswa. Dari kuesioner yang telah disebarkan sebelumnya, BEM FT telah menerima hampir sebanyak 450 tanggapan dalam waktu kurang dari 24 jam. Banyaknya tanggapan tersebut menandakan bahwa masih banyak mahasiswa yang peduli mengenai UKT ini.

Tanggapan-tanggapan tersebut nantinya akan disusun sebagai bahasan yang akan diaudiensikan dengan Wakil Dekan II Fakultas Teknik hingga akhirnya mendapat kejelasan yang lebih detail serta keterangan resmi terkait persoalan ini. “Nanti akan di share berupa pandangan mahasiswa Fakultas Teknik dan hasil audiensi dengan Wakil Dekan ataupun Rektor lewat OA (Official Account). Harapannya teman-teman 2013 bisa mengerti dengan keadaan di Undip,” ungkap Burhan.

Sementara itu, tidak menutup kemungkinan juga pembahasan ini akan berlanjut pada tahun berikutnya dengan harapan bahasan ini akan direalisasikan dan dikaji dalam lingkup universitas, tidak hanya pada fakultas tertentu saja. Hal ini berkaitan juga dengan RKAT(Rencana Kerja Dan Anggaran Tahunan) dari universitas yang disusun pada awal maupun akhir tahun sehingga dirasa kecil kemungkinan untuk merubah RKAT tersebut ditengah tahun karena akan mempengaruhi RKAT dari universitas. Terlepas dari kebijakan yang nantinya akan diterapkan, pembayaran UKT untuk semester 9 ini memang perlu menjadi bahasan bersama agar nantinya dapat memperoleh hasil yang terbaik, tanpa memberatkan mahasiswa maupun merugikan universitas sehingga pada tahun-tahun selanjutnya dapat berjalan dengan lebih optimal.

(Momentum/Vania&Lita)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018

SURVEY KEBUTUHAN FAKULTAS TEKNIK

adminMarch 18, 2018

Aplikasi “FT Undip Mobile” Siap Diluncurkan

adminMarch 16, 2018