Teknik

Birokrasi FT : “Kami Manut SK Rektor”

Birokrasi FT : “Kami Manut SK Rektor”

Pembahasan mengenai sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester 9 untuk program S1 dan semester 7 untuk program D3 kembali menjadi perbincangan hangat belakangan ini. Waktu yang semakin mendekati penghujung semester genap kali ini membuat banyak mahasiswa lebih gencar mengemukakan aspirasinya, terutama bagi mahasiswa angkatan 2013 yang akan melanjutkan studinya ke semester 9.

Dari kalangan mahasiswa sebenarnya telah menunjukan adanya progress mengenai bahasan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari adanya penindaklanjutan dari diskusi tentang pendidikan yang diselenggarakan pada Senin (22/5) berupa hasil audiensi dengan Rektor maupun Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Diponegoro yang dirilis oleh BEM Undip pada akun resminya. Selain itu, berdasarkan keterangan Muhammad Burhanudin, Kepala Bidang Kesejahteraan Mahasiswa BEM FT 2017, beberapa fakultas telah mengkonfirmasi untuk ikut mengkaji perihal UKT semester 9 program S1 dan semester 7 program D3. Hingga Jumat (2/6), BEM FT bersama BEM fakultas lainnya sedang dalam tahap mengumpulkan data, baik dari hasil kuesioner maupun data dukung lainnya dari masing-masing fakultas yang dapat memperkuat kajian guna keperluan advokasi kepada pihak rektorat.

Disorot dari pihak birokrasi, dalam hal ini dekanat hanya bertindak sebagaimana SK Rektor  yang telah ditetapkan sebelumnya. “Karena saya hanya pelaksana aturan, saya hanya mengikuti aturannya. Sebagaimana aturannya itu yang sebaik mungkin saya laksanakan,” tutur Dr. Sulardjaka, ST, MT, selaku Wakil Dekan Sumberdaya Fakultas Teknik ketika disinggung mengenai tanggapannya. Beliau juga menambahkan bahwa pihak dekanat hanya dapat membantu menyalurkan aspirasi mahasiswa kepada pihak rektorat melalui dekan.

Jika melihat isu ini lebih dalam, tentu akan berhubungan juga dengan rata-rata kelulusan mahasiswanya yang dalam hal ini, Fakultas Teknik sendiri memiliki rata-rata kelulusan mahasiswa diatas empat tahun. Menurut Prof. Dr. Moh. Djaeni, ST, M.Eng, Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan mahasiswa tidak lulus tepat waktu, baik dari dosen maupun mahasiswa itu sendiri. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan proses dan sistem penilaian yang lebih komprehensif. Beliau menjelaskan bahwa ada upaya sistematis yang dilakukan untuk dapat mendukung mahasiswa lulus tepat waktu. “Dari Undip sudah memberikan upaya dengan peraturan akademik, formulasi kurikulum baru, dan  penentuan  standar kelulusan minimal,” jelas beliau. (Momentum/Vania)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018

SURVEY KEBUTUHAN FAKULTAS TEKNIK

adminMarch 18, 2018

Aplikasi “FT Undip Mobile” Siap Diluncurkan

adminMarch 16, 2018

BEM FT dan SM FT 2018 akan Menyelesaikan UKT Semester 9

adminFebruary 15, 2018