Teknik

Forum Terbuka Mengenai Uang Kuliah Tunggal Semester 9

Forum Terbuka Mengenai Uang Kuliah Tunggal Semester 9

Semarang(10/6/2017)- Permasalahan Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester 9 tak kunjung menemukan titik cerah. Isu yang marak dibicarakan setelah hilang beberapa saat mulai diangkat kembali dan menjadi perbicangan hangat di kalangan Mahasiswa. Para Mahasiswa menuntut kejelasan kepada pihak Rektorat mengenai Sistem Uang Kuliah Tunggal mengingat telah terjadinya perubahan status Undip dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Oleh karena itu diadakanlah sebuah forum terbuka bagi Mahasiswa yang secara khusus mengkaji tentang sistem UKT semester 9 yang difasilitasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik.

Forum Terbuka yang diadakan pada hari Jum’at(9/10) bertempat di lapangan Gedung Kuliah Bersama, turut pula mengundang Warga Fakultas Teknik dan Warga Gedung Kuliah Bersama(GKB) untuk membahas sistem UKT khususnya UKT bagi mahasiswa semester 9. Permasalahan UKT semester 9 ini bukan hanya permasalahan bagi angkatan 2013 saja, namun juga menjadi permasalahan bersama bagi seluruh angkatan Mahasiswa Undip saat ini. Mengapa? Apabila kita teliti lagi menurut Keputusan Rektor Universitas Diponegoro No.226/UN7.P/HK/2017;” Uang Kuliah Tunggal(UKT) diformulasikan sebagai Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dikurangi Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri(BOPTN)”.

UKT= BKT- BOPTN

Dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.55 Tahun 2013 Pasal 1 Ayat 1 yang menyatakan “Biaya Kuliah Tunggal merupakan keseluruhan biaya operasional per Mahasiswa per semester pada program studi di Perguruan Tinggi Negeri”.

Apabila kita mengacu kepada dua landasan hukum di atas maka tidak seharusnya UKT semester 9 mesti dibayarkan secara penuh. Hal itu terjadi karena besarnya BKT bagi Mahasiswa semester 9 tidaklah sebesar semester sebelumnya. Mengingat beban yang harus ditempuh oleh Mahasiswa semester 9 hanyalah menyelesaikan Tugas Akhir (TA).

Serta apabila kita berkaca kepada universitas lain, yakni Universitas Gajah Mada yang telah terlebih dahulu berstatus PTNBH dibandingkan Universitas Diponegoro. Universitas Gajah Mada melalui Keputusan Rektor No.908/UN1.P/SK/HUKOR/2016 telah memberikan keringanan bagi Mahasiswanya yang sedang menempuh semester 9 dengan memangkas 50% dari biaya UKT yang harus dibayarkan. Dengan persyaratan Mahasiswa tersebut aktif menempuh semester 9 dan sedang menempuh Tugas Akhir atau mata kuliah diluar Tugas Akhir (Minimal 6 sks).

Di Undip sendiri tengah memersiapkan pergerakan memperjuangkan UKT semester 9 menurut Burhanudin selaku Kepala Bidang Kesejahteraan Mahasiswa BEM FT 2017. “Bidang Kesejahteraan Mahasiswa BEM FT 2017 telah mengangkat isu mengenai UKT sejak minggu kedua hingga ketiga bulan April yang lalu,” ujar Burhan.

Dan berdasarkan hasil diskusi pada tanggal 22 Mei yang lalu akhirnya dibentuklah Satgas dari fakultas–fakultas yang menginginkan adanya bahasan mengenai masalah UKT semester 9. Bertepatan pada Jum’at(9/6) tim satgas telah membahas hasil dari data-data dan hasil kuisioner yang telah dikumpulkan. Berdasarkan itu pula lah  dapat disimpulkan bahwa Fakultas Teknik dan Satgas pun mengiginkan adanya audiensi secara terbuka. Saat ini pihak satgas tengah menunggu  balasan dari pihak rektorat mengenai pelaksanaan audiensi terbuka.

(Momentum/ Rena & Tedy )

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018

SURVEY KEBUTUHAN FAKULTAS TEKNIK

adminMarch 18, 2018

Aplikasi “FT Undip Mobile” Siap Diluncurkan

adminMarch 16, 2018