Coretan Teknik

Tips Liburan Produktif

Tips Liburan Produktif

 

Oleh : Ardania Meilaningrum

Jurusan S1-Teknik Industri

 

Rutinitas yang bertolak belakang dengan dunia perkuliahan terkadang membuat diri untuk menyesuaikan kembali dengan kebiasaan baru yaitu tanpa beraktivitas. Hal itu bisa dicontohkan seperti menonton tv, banyak memakan cemilan, hangout bersama teman SMA dan lain sebagainya. Untuk tipikal orang yang senang menyambut liburan tentu itu menjadi hal yang menyenangkan. Namun, tidak untuk orang-orang yang terbiasa beraktivitas. Lalu bagaimana caranya menghabiskan waktu berharga liburan dengan aktivitas yang produktif agar tidak menyesal ketika waktu liburan telah usai? Di bawah ini beberapa tips dan trik untuk berlibur dengan gaya produktif :

  1. Membaca dan Menonton Film

Disetiap kampung halaman tentunya terdapat sarana membaca. Bisa berupa toko buku atau bahkan perpustakaan umum daerah. Dengan membaca buku, pengetahuan yang kita dapat akan semakin banyak sekalipun buku yang kita baca hanya berupa novel. Ada pepatah bilang, buku adalah gerbang dunia dan membaca adalah kuncinya. Maka sudah tentu banyak manfaat yang didapat dari membaca buku. Apabila bosan membaca buku, bisa juga untuk menonton film di rumah untuk memperdalam kosakata bahasa inggris, jika film yang kita tonton film luar negeri ya. Tapi, jangan lupa untuk memilah mana film yang baik dan buruk untuk ditonton.

  1. Join Lomba

Untuk yang ingin liburannya produktif terutama dapat menghasilkan uang dan ilmu, bisa juga tips ini dipraktekkan. Bisa jauh-jauh hari sebelum libur tiba untuk mencari perlombaan dan berlatih untuk memenangkan lomba yang nanti hadiahnya akan berjumlah lumayan untuk bermain atau ditabung. Perlombaan tidak harus terpaku dengan jurusan yang kita ambil kok, namun bisa juga berdasarkan bakat yang kita punya seperti event perlombaan yang marak di share di instagram seperti kontes fotografi. Hobi tersalurkan, pengalaman dan uang pun juga didapat 🙂

  1. Quality Time with Family

Keluarga merupakan tempat dari awal seseorang dibesarkan dari kecil hingga besar. Terkadang perkuliahan membuat kita jarang berkomunikasi dengan orang tua. Bisa jadi karena sibuk, pulsa habis, dan bahkan lupa untuk menelepon balik. Liburan kuliah memang harus benar-benar dimanfaatkan terutama untuk berlibur bersama dengan keluarga. Jauhkan handphone sebentar, lalu sisihkan waktu untuk berbincang-bincang kecil dengan keluarga sekalipun itu terjadi hanya di depan televisi. Atau bisa mengatur jadwal liburan sekeluarga ke suatu tempat wisata di kampung halamanmu.

  1. Olahraga

Olahraga saat perkuliahan hanya dilaksanakan satu semester saja kan? Tentu tidak cukup untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh dengan banyaknya aktivitas yang harus dikerjakan. Untuk itu, liburan sangat penting untuk menyisihkan waktu meskipun hanya berjakan kaki secara rutin tiap hari menikmati udara segar di pagi hari dan menyapa tetangga sekitar. Bersepeda, bermain basket dan kegiatan olahraga lainnya juga menambah contoh liburan produktif untuk menjaga kesehatan.

  1. Kegiatan Sosial

Liburan produktif tentu sangat penting apabila berinteraksi dengan orang lain. Melakukan kegiatan sosial seperti mengadakan kegiatan di panti, mengikuti komunitas sosial mengajar ataupun melakukan kegiatan kerja bakti di lingkungan rumah tentu dapat menghasilkan manfaat bagi orang lain. Selain itu, secara tidak sengaja dapat menambah relasi baru dan siapa tau dapat menjadi rutinitas tiap kita liburan.

  1. Menulis

Banyak sekali wadah untuk menampung bakat sastra ataupun aspirasimu untuk disampaikan ke masyarakat umum. Menulis merupakan kegiatan yang produktif dan melatih skill kita dalam soal penulisan. Secara tidak langsung, menulis merupakan aplikasi dari hasil membaca kita. Jangan pernah ragu untuk mulai menulis dan memperlihatkannya pada khalayak umum. Bisa berupa cerpen, puisi atau hal sebagainya seperti wadah coretan teknik ini.

Di atas merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan saat liburan agar liburan kita dapat produktif. Semoga ke-6 tips di atas dapat bermanfaat untuk kalian terkhusus mahasiswa teknik Undip. Satu kegiatan dapat menginspirasi orang lain untuk melakukannya. So, ditunggu cerita liburan produktif mu saat masuk kuliah ya 😉

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Coretan Teknik

More in Coretan Teknik

Hening

adminMarch 16, 2018

WHAT HOME SUPPOSED TO BE

adminMarch 8, 2018

LUNAR ECLIPSE

adminFebruary 10, 2018

Diponegoro : Simbol yang Menandai Zaman

adminJanuary 27, 2018

Indonesia Darurat Membaca

adminJanuary 18, 2018

Aku Cinta Kamu

adminJanuary 12, 2018