Opini Publik

Kabar Terkini GKU FT

Kabar Terkini GKU FT

Gedung Kuliah Umum (GKU) atau yang biasa disebut dengan Dekanat Baru Fakultas Teknik Undip, merupakan bangunan baru yang ditujukan untuk keperluan administrasi dan perkuliahan mahasiswa FT. Gedung ini terletak di sebelah kiri pertigaan Widya Puraya atau tepatnya di samping gedung Departemen Teknik PWK. Hingga Agustus 2017 ini, gedung berlantai 5 itu masih belum digunakan untuk keperluan apapun karena adanya beberapa kendala pembangunan.

Pembangunan GKU sebenarnya sudah direncanakan dan dilakukan sejak tahun 2009 hingga 2016. Selama pembangunan ini, pihak terkait mengaku bahwa terjadi kekurangan dana sehingga pembangunannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Pembangunan gedung kuliah sekaligus gedung Dekanat ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mahasiswa FT baik dari segi akademis maupun organisasi. Jumlah mahasiswa yang meningkat menyebabkan kebutuhan ruangan perkuliahan pun ikut bertambah. Sebagai solusinya, gedung Dekanat lama yang saat ini berada di dekat Gedung Prof. Soedharto khususnya lantai tiga akan dijadikan sebagai ruang kuliah. Rencananya, setelah GKU FT sudah dapat digunakan, seluruh aktivitas administrasi akan dipindahkan ke GKU FT sedangkan gedung dekanat lama akan dijadikan sebagai gedung perkuliahan yang mirip dengan sistem Gedung Kuliah Bersama (GKB) FT.

Namun, saat ini GKU FT masih belum digunakan karena pihak Dekanat masih berusaha untuk memenuhi piranti di dalam GKU. Rencananya, pemindahan berkas dari dekanat lama ke GKU FT akan dimulai bulan November dan akan mulai digunakan pada Desember mendatang. Hingga saat ini, masih ada beberapa sarana dan prasarana yang akan dipenuhi seperti air, listrik, pendingin ruangan, lift, serta landscape ruangan yang akan menjelaskan tentang fungsi masing-masing ruangan yang berbeda seperti unit pelayanan dan kegiatan mahasiswa.

Ada pula beberapa kendala lain yang mengakibatkan gedung ini masih belum dapat digunakan . Diantaranya adalah pecahnya pipa air pada saluran air di sekitar lantai tiga. Hal inilah yang menyebabkan adanya kelangkaan air pada lantai tiga tersebut. Selain itu, masalah lain yang sempat dihadapi oleh pihak terkait yaitu pecahnya kaca di lantai  atas. (Momentum/Nurul Latifah, Isna Izzati Hafidh)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Opini Publik

More in Opini Publik

SARJANA TEKNIK ATAU INSINYUR?

adminJune 2, 2016

Keluhan Mahasiswa GKB FT

adminMay 24, 2016