Event

Orientasi Diponegoro Muda 2017: Wajah Baru Dan Kejutan Baru

Orientasi Diponegoro Muda 2017: Wajah Baru Dan Kejutan Baru

(07/08/2017) Telah berlangsung acara pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2017 atau dikenal dengan Orientasi Diponegoro Muda bertempat di Stadion Universitas Diponegoro. Acara yang dimulai pada pukul 07.18 WIB ini berlangsung dengan cukup khidmat. Terlihat fasilitas-fasilitas yang mendukung kelancaran dan kenyamanan para mahasiswa baru dalam mengikuti acara, diantara lain disediakannya tenda beserta kursi dan posko-posko kesehatan yang juga telah disediakan mobil ambulance  untuk mengantisipasi mahasiswa yang jatuh pingsan.

Pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta hymne Undip lalu dilanjutkan dengan pembukaan acara yang dibuka oleh Ketua Senat Akademik yakni Prof.Dr.Ir. Sunarso, M.S. dan pembukaan oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Prof.Dr.Ir. Muhammad Zainuri, DEA. Upacara yang diikuti oleh 11.630 mahasiswa yang terdiri 176 program doktor, 1.093 program magister, 117 program pendidikan dokter spesialis satu, 25 program profesi, 7.990 program sarjana, 2.229 program diploma, dan dihadiri oleh Dekan-Dekan setiap Fakultas dan beberapa tamu undangan berjalan lancar tanpa kendala. Terlihat jelas antusiasme para mahasiswa baru dalam mengikuti upacara pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2017 yang berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Diponegoro menyampaikan bahwa Undip merupakan salah satu Universitas terbaik di Indonesia yakni pada urutan ketiga. Beliau juga menyampaikan bahwa Undip tidak membenarkan adanya perpeloncoan dalam kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru. “Tidak boleh ada yang namanya perpeloncoan. Jika ada dan pelaku ditemukan, maka pelakunya akan langsung di Drop Out”, ujar kembali beliau.

Hal menarik juga dikemukaan oleh Prof.  Yos Johan Utama mengenai Penerimaan Mahasiswa difabel dimana pada tahun ini Undip menerima 4 orang mahasiswa difabel. Selain itu Prof Yos juga sempat membahas mengenai kurikulum 2017 dan radikalisme yang ada didunia kampus, “Undip sejak dulu sudah merupakan salah satu Universitas yang selalu dan setia mengajarkan pancasila. Untuk penanganan radikalisme sendiri, aturan kita berbasis hukum sehingga jika dilanggar maka akan langsung ditindak namun sanksi yang diberikan tidak akan diberikan diluar aturan hukum. Oleh karena itu radikalisme tidak ada tempat di Undip kalau ada begitu kita akan melakukan tindakan sesuai dengan hukum yang berlaku.”

Acara pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru tahun ini juga terlihat lebih siap dalam menghadapi mahasiswa baru, dengan disediakannya air minum berupa teh botol dan air putih menjadikan menurunnya mahasiswa yang jatuh pingsan karna kelelahan dan juga sakit. Hal itu terlihat dari sepinya posko-posko kesehatan. Namun yang masih menjadi tugas bagi panitia acara ialah kurangnya jumlah kursi bagi peserta dimana untuk peserta yang hadir terakhir tidak mendapatkan kursi dan terpaksa harus berdiri menjadi barisan di bagian belakang tenda.

Puncak acara Orientasi Diponegoro Muda ini dilakukan dengan penyematan almamater dan pemberian buku oleh Rektor Universitas Diponegoro kepada perwakilan mahasiswa baru baik jenjang S1, S2 dan S3.  Acara kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu mars Undip oleh PSMU dan pembacaan doa. Kemudian Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Yos Johan Utama, bersama dengan Dekan-Dekan Fakultas di Universitas Diponegoro menyempatkan diri untuk bersalaman dengan para mahasiswa baru. (Momentum/ Dhila dan Rena)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

Rutinitas Aksi Buruh, Didengarkah oleh Pemerintah?

adminMay 6, 2018

Catatan Najwa : “Pilihlah Aku Jadi Calegmu” Pemimpin, Politisi, Dan Kebijakan Student Loan Di Mata Menteri

adminApril 21, 2018

Pembukaan POR Teknik

adminApril 20, 2018

Diskusi UKT, Mahasiswa Undip Sepakat Bergerak

adminApril 17, 2018

Aksi Mengedukasi Kebijakan Student Loan

adminApril 14, 2018