Event

Sosok Wanita Dibalik Pengibar Bendera Merah Putih pada Penutupan ODM 2017

Sosok Wanita Dibalik Pengibar Bendera Merah Putih pada Penutupan ODM 2017

Pengibaran bendera merah putih di ketinggian tribun dalam penutupan Orientasi Diponegoro Muda pada Minggu (13/07/2017) mengundang perhatian baru. Siapa sangka, 2 pengibar bendera tersebut adalah seorang wanita. Mereka adalah Tahmida Fatmala Zulva (S1 Teknik Industri angkatan 2015) & Ayudha Armin (Kearsipan angkatan 2016) dari UKM Wapeala Undip. Mereka mengaku melakukan pekerjaan tersebut untuk pertama kalinya atas dasar emansipasi wanita.

Pada tahun sebelumnya, pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh tentara. Namun pada kesempatan tahun ini, Wapeala Undip ditugaskan untuk mengibarkan bendera merah putih. Alasannya adalah karena Wapeala memiliki keahlian khusus pada hal ketinggian sekaligus sebagai ajang pengenalan berbagai UKM di Undip bagi para mahasiswa baru, sehingga panitia ODM meminta UKM Wapeala mengibarkan bendera merah putih. Tim Wapeala mengerahkan 15 anggotanya untuk mengikuti penutupan ODM Undip. Sebagian bertugas dalam pengibaran bendera dan sebagian lainnya berjaga di stand sebagai ajang pengenalan dan promosi kepada para mahasiswa baru.

“Rasanya senang, awal sebelum naik sempat deg-degan, kalau sudah diatas bergelantungan begitu saja,  lebih asik daripada di bawah. Awalnya saya takut cuman saya beranikan diri saja dan akhirnya bisa”, ujar Tahmida & Arnin

Harharero Tesar mahasiswa departemen Ilmu Pemerintahan selaku Divisi Panjat Tebing dalam UKM Wapeala yang membantu pengibaran mengungkapkan bahwa pemilihan pengibar bendera dilakukan dengan melakukan penawaran terlebih dahulu. Dan dipilihlah 2 orang mahasiswi yaitu Tahmida dan Ayudha. Mereka juga ingin menunjukan ke khalayak bahwasanya pekerjaan yang berat seperti bekerja di ketinggan bukan hanya ditujukan untuk pria saja namun wanita pun bisa.

Persiapan dilakukan sekitar 3 minggu sebelum acara dimulai. Selain melakukan latihan di Stadion Diponegoro, mereka juga berlatih di PKM Joglo Undip Peleburan. Pada Sabtu sore sebelumnya, mereka juga telah melakukan gladi bersih. Tidak ada kendala yang didapatkan, karena tim Wapeala bekerjasama dengan Panitia ODM Undip sehinga bendera merah putih sudah disiapkan dari pihak panitia. Pada tahun sebelumnya pengenalan UKM Wapeala Undip dilakukan hanya dengan mengikuti parade dengan membawa perahu karet. Mereka berharap mahasiswa baru dapat antusias untuk mengikuti UKM Wapeala. (Momentum/Ardining)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019

Dari Puan Hingga Vidi, Penutupan ODM Undip Hadirkan Nuansa Toleransi dan Persatuan

adminAugust 19, 2019