Prestasi

Keren: Peneliti Undip Berhasil Membuat Robot Lengan Seperti Dr.Octopus dalam Film Spiderman

Keren: Peneliti Undip Berhasil Membuat Robot Lengan Seperti Dr.Octopus dalam Film Spiderman

Manusia dalam melakukan aktivitas yang mengharuskan lebih dari satu orang terkadang menyulitkan manusia itu sendiri, seperti saat membenarkan plafon tidak bisa dikerjakan dengan satu orang saja. Atau saat kedua tangan manusia memegang benda dan ingin membuka pintu, aktivitas tersebut tidak bisa dilakukan satu orang.

Situasi diatas akhirnya menginspirasi peneliti Undip untuk mengembangkan teknologi Supernumerary Robotic Arms. Dalam Pameran Produk Inovasi Jawa Tengah 2017 serta Inovasi & Kreativitas Kota Pekalongan di GOR Jetayu Supernumerary Robotic Arms ini diberi nama “Sewu Tangan” oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Pada pameran itu juga Robot “Sewu Tangan”  digunakan untuk membantu menggunting pita Gubernur Jawa Tengah. Robot “Sewu Tangan” ini merupakan tugas akhir yang dibuat oleh dua mahasiswa Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Undip, Dedy Mulianto dan Tanto Nugroho dengan dibimbing oleh dosen Departemen Teknik Mesin Undip Mochammad Ariyanto, ST, MT; Dr. Eng. Munadi, ST, MT dan Joga Dharma Setiawan, BSc., MSc., PhD.

Robot “Sewu Tangan” ini merupakan robot yang dapat digunakan dan bermanfaat pada manusia, “robot ini merupakan robot lengan tambahan yang berfungsi untuk membantu pengguna (manusia) dalam menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan lebih dari dua tangan” ujar Dedy Mulianto.

Dilengkapi sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence) menggunakan neural network Robot “Sewu Tangan” semakin canggih. Dengan kecerdasan buatan dapat membuat sistem menjadi cerdas, dan sistem tersebut dapat belajar (learning) dari kondisi yang dialami untuk memutuskan suatu aksi.

Pada Robot “Sewu Tangan” kontrol gerakan dikendalikan menggunakan Neural Network Regresi. Robot “Sewu Tangan” juga digerakkan menggunakan sensor IMU (Inertial Measuring Unit) untuk menggerakkan lengan dan flex sensor untuk mengontrol soft robotic gripper, “cara kerja untuk melakukan gerakan Robot “Sewu Tangan” dengan cara melakukan gerakkan sensor IMU yang di letakkan pada lengan manusia arah roll atau pitch sehingga lengan akan mengikutinya, dan menggunakan flex sensor untuk mengontrol gripper menggenggam objek serta flex sensor digunakan untuk mengunci sehingga tangan manusia dapat bebas bergerak saat lengan robot bekerja” ujar Tanto Nugroho dan Dedy Mulianto.

Peneliti mengungkapkan pada saat ini Robot “Sewu Tangan” masih generasi pertama berharap kedepannya dapat disempurnakan lagi, dalam segi bentuk, ukuran dan komponen lainnya karna Robot “Sewu Tangan” yang sudah ada ini masih dalam proses pengembangan. (Momentum / Talitha)

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Prestasi

More in Prestasi

Mahasiswa FT Undip Ciptakan Pengganti Solar dari Minyak Jelantah

adminNovember 16, 2018

Mahasiswa Undip Lakukan Diagnosis Performa Hitung melalui Test of Second Mathematic (ToSM)

adminJune 5, 2018

Kesibukan Bukan Penghalang Untuk Berprestasi

adminMarch 26, 2018

Mahasiswa FT Undip peraih 1st Runner Up Debate Competition dalam ajang PELTAC: Membuka Relasi, Mengukir Prestasi

adminFebruary 3, 2018

Delegasi Undip Raih Juara III Dalam Call For Paper Week of Writing 2017

adminDecember 4, 2017

TESTIMONI PIMNAS 2017 ALA TEKNIK

adminSeptember 17, 2017