Teknik

PARKIRAN GKB KRISIS KEAMANAN

PARKIRAN GKB KRISIS KEAMANAN

Pada Minggu (24/09/2017), warga Gedung Kuliah Bersama FT Undip digemparkan dengan adanya kasus pencurian kendaraan bermotor. Kejadian ini berlangsung sekitar pukul 13.00-17.00 WIB di parkiran GKB FT. Dalam insiden ini, diketahui bahwa ada 6 motor mahasiswa yang hilang dan 8 motor yang sudah dirusak lubang kuncinya oleh pelaku.

Memang pada hari tersebut, banyak mahasiswa yang menggelar kegiatan di GKB FT. Beberapa di antaranya yaitu mahasiswa Departemen Teknik Perkapalan yang mengadakan LKMM-PD 2017, mahasiswa Departemen Teknik Lingkungan yang menggelar pelatihan software, dan UKM PSMT yang sedang mengadakan open recruitment, dan lainnya. Hilangnya motor dari beberapa mahasiswa diketahui pertama kali oleh mahasiswa Departemen Teknik Perkapalan yang saat itu masih dalam rangkaian acara LKMM-PD. Hal ini disadari ketika pukul 16.00 ketika parkiran GKB FT masih dalam keadaan sepi. Berita ini pun langsung tersebar ke seluruh mahasiswa yang ada di GKB FT saat itu sehingga menimbulkan kepanikan serta keramaian di sekitar parkiran. Dalam insiden ini, ada satpam Undip dan pihak kepolisian berwajib yang diturunkan untuk mengecek keadaan.

Menurut salah satu korban dari mahasiswa Teknik Lingkungan yang motornya sudah dirusak lubang kuncinya, dirinya sama sekali tidak mengetahui hal apapun terkait kejadian ini. Dia baru mengetahui ada curanmor di parkiran GKB FT saat itu ketika ada kabar via online yang dikirimkan oleh temannya yang saat itu sedang mengikuti kegiatan PSMT. Bahkan saat turun ke parkiran GKB FT pun dia masih belum sadar bahwa motornya sudah dalam keadaan rusak karena pelaku merusak bagian dalam dari kunci, bukan di bagian luarnya. Dia pun juga mengutarakan bahwa tidak ada proses-proses pertanggungjawaban dari pihak manapun terkait kerugian yang dialami.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Mohamad Djaeni, S.T., M.Eng selaku Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan bahwa akan ada tenaga kerja tambahan yang bekerja untuk mengawasi keamanan parkir GKB FT. Tenaga kerja ini bekerja dari pagi hingga sore pada hari libur. Sejauh ini, hal itulah yang masih bisa dilakukan. Rencananya, tahun mendatang, akan diadakan perbaikan dalam sistem keamanan GKB FT berupa pemasangan palang parkir otomatis. Selain iu, beliau juga menyarankan kepada mahasiswa yang menjadi panitia dalam kegiatan di hari libur khususnya di GKB FT agar mengadakan penjagaan keamanan secara mandiri secara bergantian untuk menghindari kejadian curanmor di tempat tersebut. Hal ini dikarenakan jika menunggu kinerja dari dekanat akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teknik

More in Teknik

FORMAT: Indonesia Kekurangan Insinyur

adminSeptember 8, 2018

Kaderisasi Ideal, Menciptakan Kebersamaan

adminJuly 25, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

SETELAH VAKUM 4 TAHUN, POR TEKNIK KEMBALI LAGI

adminApril 13, 2018

Laboratorium Terpadu, Pabrik yang Unggul untuk Produk yang Unggul

adminMarch 26, 2018

Desa Binaan Sebagai Wujud Pengabdian Mahasiswa

adminMarch 26, 2018