Event

Press Release: Seminar Nasional “Ekonomi Kreatif: Karya Anak Bangsa, Penggerak Ekonomi Indonesia”

Press Release: Seminar Nasional “Ekonomi Kreatif: Karya Anak Bangsa, Penggerak Ekonomi Indonesia”

Semarang – Sabtu (14/10) telah berlangsung seminar nasional dengan tema “Ekonomi Kreatif: Karya Anak Bangsa, Penggerak Ekonomi Indonesia” yang bertempat di Aula Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip. Seminar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri ini bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BE KRAF). Acara ini merupakan penutup dari rangkaian kegiatan Batik in Campus yang sebelumnya didahului dengan lomba desain motif batik dan lomba putri batik yang telah mencapai puncak acaranya pada Sabtu (23/9/2017).

Seminar nasional ini menghadirkan beberapa pembicara seperti M. Arif Sambodo selaku Kepala Desperindag Provinsi Jawa Tengah, Viktor Dewantoro selaku Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Pengembangan PPPI Pengda Jawa Tengah, M. Lukman selaku Chief Design Officer PT. Piksel Indonesia, Widya Andhika selaku Pemilik Dhievine Batik, Kuncup Putih Kusumadhata selaku Desainer balai besar kerajinan dan batik, dan Megawati Prabowo sebagai Putri Indonesia Favorit Jawa Tengah 2017, serta Slamet Aji Pamungkas selaku Kasubdit Informasi dan Pengolahan Data Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia sebagai keynote speaker.

Seminar dibagi dalam dua sesi diskusi, peserta yang hadir dipaparkan mengenai kondisi ekonomi kreatif di Jawa Tengah dan cara menjadi pelaku ekonomi kreatif dengan batik sebagai contohnya, serta edukasi mengenai batik dan bagaimana batik dapat menjadi salah satu gaya hidup bagi kalangan muda.

Peserta yang hadir tidak hanya berasal dari Departemen Teknik Industri saja, tetapi juga dari jurusan lainnya. Para peserta memberikan respon positif karena disuguhkan dengan pembicara yang memberikan materinya dengan santai dan menarik. Acara ini ditutup dengan penganugerahan piala rektor kepada juara lomba putri batik dan lomba desain motif batik.

Sabrina, selaku Ketua Panitia Batik in Campus menuturkan bahwa seminar nasional ini bertujuan sebagai sarana edukasi bagi mahasiswa umum tentang batik secara khusus.

“Harapan dari adanya seminar ini, mahasiswa lebih terbuka tentang batik dan tidak menganggap bahwa batik merupakan hal yang kuno serta memahami bahwa batik punya nilai keunikan tersendiri,” ujar Sabrina (Momentum/Adi Setyo Nugroho & Naura Muthia).

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

Kuliah Kerja Nyata 2018: Inspiring, Empowering, Jaga Integritas

adminJuly 12, 2018

Peluncuran dan Peresmian Kapal yang akan Berlaga di Prancis

adminJuly 9, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

Rutinitas Aksi Buruh, Didengarkah oleh Pemerintah?

adminMay 6, 2018

Catatan Najwa : “Pilihlah Aku Jadi Calegmu” Pemimpin, Politisi, Dan Kebijakan Student Loan Di Mata Menteri

adminApril 21, 2018

Pembukaan POR Teknik

adminApril 20, 2018