Event

Press Release : Seminar Nasional “Pengelolaan SDA di Papua Sudah Tepatkah?” .

Press Release : Seminar Nasional “Pengelolaan SDA di Papua Sudah Tepatkah?” .

Semarang – Sudah lebih dari 50 tahun  PT Freeport Indonesia mengeksplorasi kekayaan alam di Tembagapura, Papua, Indonesia. Pertanyaannya , apakah eksplorasi tambang yang dilakukan oleh PT Freeport memiliki dampak secara langsung bagi kesejahteraan masyarakat Papua itu sendiri mengingat Papua adalah salah satu Provinsi termiskin di Indonesia dan apakah eksplorasi tambang oleh PT Freeport Indonesia sudah sesuai dengan amanat konstitusi seperti tertulis pada UUD 1945 Pasal 33 bahwa semua kekayaan bumi, air, dan seluruh kandungannya harus dikelola untuk semaksimal kesejahteraan rakyat, hingga sudah tepatkah langkah Pemerintah Indonesia yang merubah Kontrak Karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Berkaca dari berbagai polemik mengenai eksplorasi tambang di Papua yang dilakukan oleh PT Freeport, BEM Universitas Diponegoro selaku koordinator isu energi BEM Seluruh Indonesia mengadakan seminar nasional yang bertema “Pengelolaan SDA di Papua Sudah Tepatkah?”. Yang diselenggarakan pada Selasa (26/9/2017) di Aula Fakultas Peternakan dan Pertanian, Undip, Tembalang. Seminar ini berlangsung dari pukul 07:00 WIB hingga  pukul 12:00 WIB dengan mengundang pembicara dari PT Freeport Indonesia yaitu, Spencer Paoh dan Kerry Yarangga, dan Rachman Wiriosudarmo selaku pengamat ESDM dengan dimoderatori oleh Helmi Fergian sebagai Kepala Divisi Kajian Strategis BEM Undip.

Acara ini cukup banyak dihadiri oleh mahasiswa Undip dari berbagai Fakultas, antusiasme mahasiswa Undip bisa dilihat dari penuhnya kursi yang tersedia di Aula Fakultas Peternakan dan Pertanian, Undip. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari mahasiswa yang berasal dari Papua.

Galang Naufal, selaku ketua panita seminar nasional ini, berharap agar terselenggaranya seminar nasional ini menjadi wadah untuk mengkritisi mengenai permasalahan ESDM di Indonesia.

“Seminar ini menjadi tempat  dan wadah untuk saling menkritisi, saling berdiskusi, dan saling mencari solusi akan permasalahan pengelolaan SDM dengan pihak terkait dan pakar pakar yang ahli di bidangnya Dan BEM Undip hadir sebagai mitra kritis bagi kebijakan kebijakan pengelolaan energi baik pemerintah dan swasta” Ungkap Galang.

Dengan terselenggaranya Seminar Nasional ini, diharapkan pertanyaan-pertanyaan mengenai eksplorasi tambang yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia bisa terjawabkan oleh pakar yang telah lama berkecimpung dibidang energi dan juga oleh orang yang mengalami langsung kegiatan pertambangan PT Freeport Indonesia.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

[MAGANG MOMENTUM]

adminMarch 6, 2020

INCRID 2019 Konferensi Internasional Pertama Teknik Lingkungan

adminOctober 24, 2019

Pasca Dasar LKMMD Fakultas Teknik 2019 , Pemantik Gerakan Penanaman dan Penghijauan

adminOctober 22, 2019

STERIL 2019: Expose The Heritage

adminSeptember 23, 2019

GORe FT 2019, Pemantik Mahasiswa Baru untuk “Berekspresi” di Bidang Riset

adminSeptember 16, 2019

DESA KENDALDOYONG MAKIN HIJAU DENGAN GERAKAN TANAM 100 POHON

adminAugust 19, 2019