Event

#DamaiItuNyata Project: Perdamaian dan Toleransi

#DamaiItuNyata Project: Perdamaian dan Toleransi

Semarang – Tanggal 16 November adalah hari yang diperingati sebagai Hari Toleransi Internasional, sejak disahkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) pada tahun 1955. Tujuan dari dicetuskannya har ini adalah untuk menghilangkan diskriminasi antar orang yang berbeda, baik secara suku, ras, agama, dan tampilan fisik.

Memperingati Hari Toleransi Internasional sekaligus menutup rangkaian #DamaiItuNyata, Project, AIESEC UNDIP menggelar acara fun walk dengan tema Perdamaian dan Toleransi pada tanggal 26 November lalu. Acara dimulai pada pukul 06.30 WIB dan bertempat di Jalan Pahlawan Kawasan Simpang Lima, Semarang. Tak hanya dihadiri oleh para anggota AIESEC, organisasi kepemudaan Semarang pun juga ikut memeriahkan acara ini.

Acara #DamaiItuNyata Project kali ini terbagi atas beberapa aktivitas, yaitu fun walk mengelilingi Lapangan Simpang Lima, di mana semua peserta serempak menggunakan baju putih dan berjalan sambil berupaya menyampaikan pesan tentang perdamaian melalui orasi, pembacaan puisi, hingga menyanyikan berbagai lagu tentang perdamaian seperti Heal The World dari Michael Jackson saat melintasi Simpang Lima. Kemudian para peserta memberikan bunga mawar putih kepada masyarakat yang sedang menikmati kegiatan Car Free Day dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan perdamaian serta toleransi demi mewujudkan Semarang sebagai kota yang damai.

Acara diakhiri dengan penandatanganan banner #DamaiItuNyata sebagai bentuk dukungan masyarakat Semarang untuk terciptanya toleransi dan menjadi agen perdamaian di dunia. Diharapkan acara ini bisa semakin mendorong pemuda Indonesia untuk terus memperkuat toleransi dan menjaga perdamaian serta mau memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Berikut foto foto dalam acara tersebut:

AIESEC adalah organisasi pemuda internasional yang tersebar di 126 negara dan memiliki lebih dari 80.000 anggota di seluruh dunia. AIESEC mengembangkan anak muda agar dapat menciptakan perdamaian dan pemenuhan pengembangan potensi diri manusia. Melalui kegiatannya, AIESEC berambisi untuk mencetak agen perubah yang berkarakter, berkompetensi secara global, dan memberikan hasil.

Kegiatan pengembangan kepimpinan yang dilakukan oleh AIESEC antara lain adalah melalui kegiatan kerja sama tim dan juga pengalaman internasional melalui program magang professional serta kegiatan sosial di luar negeri. Setiap tahunnya, AIESEC telah memberikan lebih dari 16.000 pengalaman internasional dan juga 20.000 pengalaman kepemimpinan di seluruh dunia.

Sebagai salah satu organisasi yang dijalankan oleh pemuda terbesar di dunia, AIESEC memiliki 68 tahun pengalaman untuk mengembangkan anak muda semenjak berdiri tahun 1948. Saat ini AIESEC telah memilki 945.000 alumni di seluruh dunia yang di antaranya adalah Bill Clinton, Mario Monti, dan Junichiro Koizumi. Di Indonesia sendiri, AIESEC telah berdiri semenjak tahun 1984 dan kini tersebar lebih dari 20 universitas dan di 10 kota, antara lain Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Padang, Malang, Bogor, Solo, Jogjakarta, dan Medan.

Note: semejak tahun 1970, berdasarkan keputusan AIESEC Internasional, kepanjangan AIESEC (Association Internationale des Etudiantes en Economiques et Commerce) sudah tidak dipakai lagi

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Event

More in Event

Kuliah Kerja Nyata 2018: Inspiring, Empowering, Jaga Integritas

adminJuly 12, 2018

Peluncuran dan Peresmian Kapal yang akan Berlaga di Prancis

adminJuly 9, 2018

Kemeriahan Verifikasi MABA

adminMay 13, 2018

Rutinitas Aksi Buruh, Didengarkah oleh Pemerintah?

adminMay 6, 2018

Catatan Najwa : “Pilihlah Aku Jadi Calegmu” Pemimpin, Politisi, Dan Kebijakan Student Loan Di Mata Menteri

adminApril 21, 2018

Pembukaan POR Teknik

adminApril 20, 2018